Bagimana Proses Bayi Tabung Terjadi?

No comment 653 views

Sudah lama menikah namun bisa dikarunia momongan, berarti ada kelainan pada diri anda atau pasngan anda. Dan hal tersebut sebaiknya sesegera mungkin diperiksakan ke dokter untuk mebgetahui apa sebenarnya yang terjadi pada diri anda dan pasangan anda, bisa saja anda atau pasangan anda mandul. Namun bila hasil pemeriksaan mengatakan anda dan pasangan anda tidak mandul, ada kemungkinan istri anda memiliki rahim yang lemah untuk mengandung.

bayi tabung

Sehingga proses pembuahan di rahim tidak bisa berjalan dengan baik, dan sebagai solusinya mereka yang mengalami masalah seperti ini akan melakukan bayi tabung. Yakni mempertemukan sel telur dan sperma diluar rahim, dan setelah terjadi pembuahan baru dimasukan ke rahim untuk pembesarn. Buat anda yang ingin tahu sperti apa proses bayi tabung, berikut informasi selengkapnya.

1. Merangsang Ovarium
Hal pertama yang harus dilakukan adalah merangsang Ovarium, tujuannya untuk menghasilkan lebih dari sel telur dalam satu siklus. Biasanya akan digunakan terapi harmonal, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Nantinya setelah sel telur didapatkan, dokter akan memantaunya melalui tes darah dan USG serial. Setelah diketahui kematangan folikel (kantung berisi cairan dalam ovarium) sudah memadai, maka sel telur pun bisa dikumpulkan.

2. Mengumpulkan Telur
Setelah telur dikumpulkan mealui bimbingan USG, selanjutnya dokter akan memakai jarum yang dimasukan ke probe scaning pada setiap Ovarium untuk mengumpulkannya menjadi satu.

3. Fertilisasi
Tahapan berikutnya adalah mengumpulkan sperma laki – laki, kemudian sperma tersebut dicampur dengan Ovarium di bawah microskop. Selanjutnya setelah 16-20 jam kedepan akan diperiksa untuk mengetahui apakah sudah ada pembuahan embrio (cikal bakal janin).

4. Memindahkan Embrio
Tahapan terkahir adalah mentransfer embrio ke rahim wanita, namun sebelumnya harus menentukan siklus menstruasi wanita tersebut. Selanjutnya dua minggu kemudian akan dilakukan tes darah untuk mengetahui wanita tersebut sudah hamil atau belum, kedepannya ketika sudah hamil wanita yang melakukan bayi tabung wajib terus memeriksakan kehamilannya.

Nah itulan proses bayi tabung terjadi, yang pasti untuk memiliki sebuah anak dari proses bayi tabung dibutuhkan kesabaran yang ekstra. pasalnya tidak sedikit juga pasangan yang gagal meski sudah menggunakan metode bayi tabung ini, semuanya kembali kepada rido tuhan.

author