Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Panu Anak

No comment 866 views

Panu merupakan sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale dan dapat menular dengan sangat mudah. Penyakit panu sendiri dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak – anak. Terlebih mereka yang kurang begitu memperhatikan kebersihan diri dan pakaiannya.

Panu sering kali ditandai dengan adanya bercak putih pada bagian kulit tubuh tertentu yang disertai rasa gatal ketika terkena keringat. Penyakit panu sebenarnya bukanlah penyakit yang serius, namun seringkali menyebabkan anak merasa minder dan malu. Untuk itu jika Anda mendapati gejala panu pada buah hati Anda segera lakukan penanganan yang tepat agar masalah ini tidak semakin menyebar. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar Anda seperti lengkuas dan bawang puti. Menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan penyakit sangat dianjurkan dilakukan kepada anak. Pasalnya efek samping yang ditimbulkan relative kecil atau bahkan tidak ada, sehingga aman untuk kesehatan anak jangka panjang.

sakit gigi

Mengobati panu dengan bahan tradisional

#  Lengkuas

Selain merupakan bahan untuk menyedapkan makanan ternyata lengkuas juga berkasiat untuk mengusir panu. Caranya tumbuk beberapa lengkuas yang telah terlebih dulu dibersihkan. Setelah itu oleskan tumbukan lengkuas pada bagian kulit tubuh anak yang terkena panu, namun terlebih dulu pastikan kulit anak kering dan bebas keringat. Lakukan secara rutin setiap pagi dan menjelang tidur.

#  Bawang putih

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat panu anak hampir mirip dengan lengkuas. Potong bawang putih yang telah dikupas menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan pada kulit anak yang terkena panu. Lakukan secara teratur minimal dua kali sehari yakni pagi setelah mandi dan malam menjelang tidur.

author