Bahaya Asap Rokok untuk Kesehatan Anak

No comment 707 views

Sebutan bahwa rokok merupakan mesin pembunuh yang kejam nampaknya memang tak berlebihan. Pasalnya dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 4000 zat kimia dan 60 diantaranya merupakan penyebab kanker yang akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Namun yang lebih mengerikan lagi adalah bahaya yang ditimbulkan oleh rokok tak hanya dirasakan oleh perokoknya sendiri, namun juga oleh orang disekitarnya atau yang disebut dengan perokok pasif. Bahkan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh orang yang menghirup asap rokok secara pasif jauh lebih besar dibanding dengan perokoknya sendiri.

Terlebih jika perokok pasif tersebut merupakan bayi dan balita, tentu resiko bahayanya akan semakin besar. Pasalnya saluran pernafasan pada bayi dan balita ini dapat dikatakan masih belum sempurna atau masih cukup kecil. Hal ini menyebabkan pernafasan yang lebih seringdan cepat, dengan demikian akan semakin banyak pula asap rokok yang terserap dalam tubuhnya.

rokok

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan anak yang dapat disebabkan oleh asap rokok:

  • Asma, yakni peradangan kronis yang terjadi pada saluran pernafasan yang disertai dengan penyumbatan saluran pernafasan.
  • Bronkitis, yakni terjadinya peradangan pada bronkus atau cabang tenggorokan. Penyakit ini umumnya ditandai dengan gejala batuk berdahak, bengek, dan sesaknafas.
  • Batuk rejan, yakni jenis batuk yang juga dikenal dengan istilah batuk 100 hari.
  • Meningitis, yakni suatu peradangan yang terjadi pada membran pelindung otak dan sumsum tulang belakang.
  • Pneumoni, yakni peradangan pada paru – paru yang mempengaruhi fungsi alveolus.
author