Bahaya Mengkonsumsi Daging babi

No comment 735 views

Islam telah melarang umatnya untuk mengkonsumsi daging babi. Babi termasuk dalam daftar hewan yang diharamkan. Pelarangan mengkonsumsi daging babi ini tentu bukan tanpa alasan. Ya, karena babi akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Awalnya pelarangan konsumsi daging babi diduga karena babi banyak menganduung cacing pita. Namun setelah dilakukan penelitian yang mendalam ternyata bukan hanya itu, babi juga mangandung kolaeterol yang sangat tinggi serta menjadi media paling ampuh perpindahan penyakit yang semula ada pada babi ke tubuh manusia.

Penelitian lebih lanjut dilakukan oleh Seorang Ilmuwan Jerman bernama Dr Murad Hoffman. Dalam bukunya ia menyatakan bahwa memakan daging babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tetapi juga dapat menyebabkan meningkatnya kandungan kolestrol dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh, yang mengakibatkan kemungkinan terserang kanker usus, iritasi kulit, eksim, dan rematik (Republika, 2012).

bola bayam

Sudah sangat jelas banyak mudharatnya mengkonsumsi daging babi. Namun ironinya, hal ini tidak menjadikan kesadaran beberapa orang yang dengan sengaja mencampurkan daging babi pada makanan. Sering kali kita mendengar ada oknum-oknum pedagang nakal yang mencampurkan daging babi pada makanan dagangannya, seperti bakso. Bukan hanya itu, ketika harga daging sapi melonjak tinggi, banyak oknum pedagang curang yang mencampurkan daging babi dengan daging sapi.

Oleh karena itu, kita perlu waspada untuk memilih makanan atau bahan makanan untuk keluarga. Pilihlah penjual terpercaya dan makanan yang bersertifikat halal. Selain daging babi, Anda juga perlu berhati-hati dengan makanan berbahaya lainnya.

author