Bahaya terklalu banyak mengkonsumsi makanan pedas

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan, sudah sewajarnya akan mnimbulkan efek yang kurang baik. Begitu hal nya dengan konsumsi cabai berlebihan yang akan berefek buruk bagi kesehatan. Walaupun pada awalnya mengkonsumsi cabai itu baik, karena dapat memberikan suplai vitamin c dan A, mencegah kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.

telur

Banyak sekali orang yang telah kecanduan mengkonsumsi cabai ini, sehingga ketika tidak memakannya, ia akan merasa lemas, dan tidak berselera. Orang-orang seperti inilah yang biasanya tidak dapat menglkontrol konsumsi cabai. Akibatnya makanan yang awalnya baik malah menimbulkan bahaya-bahaya bagi kesehatan. Berikut adalah efek buruk mengkonsumsi cabai secara berlebihan:

  1. Kerusakan dinding lambung, karena cabai bersifat asam.
  2. Gastritis atau maag akut yang diitandai dengan muntah, mual-mual, diare.
  3. Ulkus Gaster atau tukak lambung.
  4. Diare, bagi yang belum terbiasa, diare akan mudah terjadi ketika makanan pedas masuk ke dalam perut.
  5. Penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan cabai mengendung senyawa yang dapat segera memecahkan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Mengkonsumsi cabai tidak dilarang namun sewajarnya saja. Jnagan terlalu banyak mengkonsumsinya, karena akan berdampak pada penyakit-penyakit diatas. Selain cabai, banyak hal yang dapat kita bahas mengenai tumbuhan-tumbuhan yang dapat dijadikan makanan maupun obat bagi tubuh kita. Oleh karena itu simak selalu manfaat-manfaat kandungan makanan bagi kesehatan tubuh, serta bahayanya.

 

author