Balita dan Ciri Perkembangannya

No comment 483 views

Balita (Bawah lima tahun) adalah salah satu tahapan perkembangan anak yang merupakan masa peralihan antara bayi dan kanak – kanak awal. Rentang usia pada masa balita ini sekitar 2 hingga 5 tahun, dimana masa ini juga dikenal sebagai periode anak prasekolah.

Pada tahap balita ini seseorang akan mengalami pertumbuhan yang khas dengen tugas perkembangan khusus yang diembannya. Perkembangan ini meliputi segala aspek seperti fisik, intelektual, psikomitorik, dan lain sebagainya.

balita

Jika ditinjau dari segi fisik, anak usia dibawah lima tahun cenderung akan mengalami penurunan berat badan dalam pertumbuhannya. hal seperti ini wajar terjadi kerena umumnya balita akan mulai banyak bergerak dan melakukan banyak aktivitas dengan lingkungan barunya. Dengan demikian pertumbuhan fisik yang seperti ini tak perlu terlalu dikawatirkan selama masih dalam tataran normal.

Untuk pertumbuhan intelektual pada masa balita mencakup dua hal yakni kognitif dan bahasa. Anak usia balita umumnya telah dapat mengenali berbagai konsep sederhana berkaitan dengan keadaan disekitarnya. Umumnya ia memiliki tingkat imitasi atau peniruan yang tinggi terhadap apa yang ia lihat dan temukan dalam kehidupan sehari – hari. hal ini terjadi karena fikiran anak yang masih sangat fresh sehingga mampu dengan cepat menangkap dan mengingat berbagai hal disekelilingnya. Sedangkan dari sisi bahasa balita sudah mampu berkomunikasi secara lancar dengan orang disekitarnya serta telah dapat menangkap hal – hal sederhana yang dibicarakan.

Sementara itu pada pertumbuhan psikomotorik, balita mengalami pertumbuhan yang terbilang cukup pesat. Dimana pada tahap ini seorang balita sudah dapat berlari – lari, melompat, melempar, memegang, menggenggam, dan sebagainya.

author