Bayi Dan Asi

No comment 569 views

Sebagian dari para ibu sering menanyakan hal seputar bayi dan ASI. Para orang tua terutama ibu sering kali bingung dalam hal menyusui, Kapan waktu yang tepat untuk menyusui?

Menyusui ASI sebaiknya tidak dijadwal, berikan ASI setiap kali ia menangis ( bukan menangis karena popoknya basah ataupun kesakitan atau hal lain). Para ibu mempunyai insting untuk menyusui, ketika bunda merasakan bahwa saatnya untuk menyusui, segera susui bayi anda dengan ASI.

Bayi yang sehat dapat mengosongkan satu payudara dalam waktu rata-rata 5-7 menit dan ASI tersebut di dalam lambung bayi akan kosong dalam waktu rata-rata 2 jam. Bayi yang pada awalnya tidak memiliki jadwal atau waktu tertentu dalam menyusu, lambat laun akan mempunyai pola tertentu setelah 1-2 minggu kehidupannya.

Bagi ibu yang bekerja, disarankan untuk sering menyusui ASI pada waktu malam hari. Hal ini menyangkut pada produksi ASI yang bergantung dari adanya rangsangan pada puting susu tiap kali bayi menyusu.  Rangsangan tersebut aan mengirimkan sinyal ke otak untuk terus memproduksi ASI. Maka itu susukan ASI kapanpun dan sesering mungkin atau susukan sesering mungkin pada malam hari bagi para ibu yang bekerja di siang hari.

Susukan ASI menggunakan kedua payudara, sebaiknya kosongkan satu payudara sebelum memberikan susu melalui payudara yang lainnya. Pada kesempatan menyusui yang berikutnya, mulailah menyusui dengan payudara yang pertama kali kosong dari yang terakhir kali disusukan. Sebaiknya bunda menggunakan BH (Breast Holder) khusus untuk ibu menyusui agar dapat menyanggah payudara dengan baik.

Tingkatkan ASI dengan memberikan lebih sering siang dan malam, setiap waktu sampai bayi kenyang dan berhenti menyusu. untuk ibu sebaiknya memakan makanan dengan gizi seimbang dan pola makan yang teratur.

author