Bayi Jatuh Bahaya Tidak?

No comment 998 views

Dengan bertambahnya usia, tentu si kecil akan memiliki beberapa kemampuan seperti berguling misalnya. Tentu, aktifitas ini sangat menyenangkan karena si kecil dapat tumbuh dengan sehat layaknya anak pada umumnya. Namun, tidak sedikit para orang tua yang merasa takut atau khawatir jika dengan kemampuannya tersebut justru akan membuat si kecil jatuh terlebih tulang kepalanya masih tergolong lembek.

Bayi jatuh bahaya tidak? Satu pertanyaan yang kerap diajukan oleh para orang tua terlebih jika berhubungan dengan otak bayi. Mereka merasa panik dan terkadang bergegas untuk pergi ke dokter melakukan pemeriksaan. Berita baiknya, orang tua tak perlu merasa khawatir karena meski berbahaya namun benturan yang terjadi pada kepala bayi tidak berdampak fatal.

bayi jatuh bahaya tidakHal ini disebabkan oleh tengkorak bayi dan sambungan antar tulang masih elastis. Belum lagi ubun-ubunnya masih terbuka dan tidak menutup secara menyeluruh sehingga tekanan yang terjadi saat si kecil jatuh tidak berakibat fatal. Meskipun demikian, bukan berarti hal ini terkesan diabaikan karena tindakan pencegahan secara dini pun perlu dilakukan. Salah satunya adalah langsung mengamati kondisi bayi sesaat setelah terjatuh apakah langsung menangis atau menggerakkan seluruh anggota badannya.

Lakukan pemeriksaan mulai dari kepala, tangan hingga kai sambil buat gerakan ke atas, samping, depan dan rentangkan. Bila si kecil menangis hingga menjerit, besar kemungkinan ada yang terasa sakit pada organ tubuhnya. Bila pun tidak, usahakan mencari tahu dengan menekan beberapa bagian yang sesuai saat ia jatuh. Jika ada benjolan atau memar, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter anak guna mendapatkan saran medis.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan oleh orang tua jika memiliki bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan. Tentu, tindakan pengawasan yang dilakukan setiap saat dengan tidak meninggalkannya seorang diri di dalam kamar adalah tindakan yang tepat. Jika pun harus meninggalkannya, letakkan bayi pada kotak yang telah diberi pelindung di sekitarnya.

Dengan langkah sederhana dan perhatian penuh dipercaya si kecil tidak akan sering jatuh apalagi saat ia mulai belajar berjalan. Jadi, jangan khawatir dengan bayi jatuh bahaya tidak ya bun!

author