Bayi Meninggal secara Mendadak? Ini Penyebabnya

No comment 626 views

Tingkat kematian bayi menggal secara mendadak atau yang disebut Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), saat ini masih tergolong cukup tinggi. Rata – rata SIDS terjadi pada bayi yang baru lahir hingga usia 1 tahun, dan kasus terbanyak ditemukan dalam rentan usia bayi 2 – 4 bulan. Apa sebenarnya penyebab SIDS ini sendiri sebenarnya masih belum dapat diungkap secara gamblang dan masih menjadi sedikit misteri. Namun demikian, banyak ahli mensinyalir beberapa hal berikut ini yang dapat memicu dan manyebabkan SIDS.

rokok

Beberapa Penyebab SIDS

  • Tidur dalam posisi tengkurap

Bayi memiliki sistem pernafasan yang masih sangat jauh dari kata sempurna, terlebih pada bayi yang belum genap berusia 6 bulan. Oleh sebab itu ketika bayi tidur dengan posisi tengkurap, berpotensi menyebabkan sesak nafas dan memicu terjadinya SIDS.

  • Tidak disendawakan setelah minum ASI

Ketika proses menyusui, tanpa sengaja gelembung – gelembung udara akan masuk ke dalam tubuh bayi bersama dengan ASI. Gelembung ini dapat menyebabkan bayi mengalami gumoh, nah cairan gumoh inilah yang sangat berbahaya. Pasalnya cairan ini bisa masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan bayi susah bernafas.

  • Menghirup terlalu banyak asap rokok

Bagi orang dewasa saja yang namanya asap rokok sangat berbahaya, apalagi untuk bayi yang baru lahir. Kandungan barbagai zat racun yang terdapat dalam asap rokok akan menyebabkan bayi mengalami gangguan sistem pernafasan sehingga potensi meninggal secara mendadakanya semakin meningkat.

author