BCCT (Beyond Center And Circle Time), Belajar dan Bermain untuk anak usia dini

Beyond Center And Circle Time (BCCT) merupakan metode belajar dan bermain anak usia dini melalui pembelajaran sentra main peran. Metode ini sangat sesuai dengan psikologi anak dini yang masih menyukai bermain, meniru, dan bermain peran. Metode ini banyak digunakan di berbagai pendidikan anak usia dini, karena anak akan lebih mudah belajar dengan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri atau by doing.

lingkungan

            Bukan hanya di sekolah seperti PAUD. Metode BCCT (Beyond Center And Circle Time) untuk memfasilitasi belajar dan bermain untuk anak usia dini juga dapat dilakukan di rumah. Jika di rumah Bunda banyak anak, Bunda langsung bisa ambil peran untuk mendidik anak-anak, dengan langkah berikut:

1.  Menyiapkan peralatan (pijakan lingkungan)

Pertama-tama bunda menyiapkan peralatan main sesuai tema.

2. Menjelaskan permainan (pijakan sebelum main)

Suruhlah anak duduk melingkar lalu beripenjelasan mengenai apa saja yang akan dilakukan hari ini, misalnya bermain polisi-polisi an.

3. Aktivitas (pijakan saat main)

Setelah mendapatkan penjelasan, anak dapat langsung bermain sesuai dengan aturan. Bunda bertugas mengawasi dan mengarahkan anak.

4. Mengakhiri permainan (pijakan setelah main)

Beritahukan bahwa waktu bermain habis. Ajaklah anak membuat kesimpulan dari apa yang dimainkan, lalu mintalah mereka untuk membantu membereskan peralatan main.

Belajar dan bermain merupakan cara yang tepat untuk pendidikan anak usia dini. Menerapkan Metode BCCT dalam mendidik anak dapat bunda lakukan di rumah.

author