Beberapa Sifat Anak Sulung yang Menonjol

No comment 1828 views

Sifat anak sulung memang relatif berbeda dengan sifat-sifat anak lainnya. Ini merupakan hal yang normal karena kebanyakan sifat anak juga dipengaruhi oleh urutan kelahiran yang ia miliki. Sebagai contoh, anak bungsu secara umum didefinisikan sebagai anak yang mempunyai sifat manja, dan sulit mengerjakan beragam pekerjaan sendiri. Kendati demikian, tidak semua sifat anak selalu bisa dinilai dari urutan kelahirannya.

Kemudian, apa saja sifat anak sulung yang menonjol dan merupakan hal wajib yang harus diketahui oleh orang tua? Berikut uraiannya.

Mempunyai sifat kepemimpinan yang baik

Seorang anak sulung merupakan anak dengan adik yang cukup banyak dan dianggap sebagai kebanggan keluarga. Hal ini, membuatnya mampu tampil terdepan sebagai anak yang mempunyai jiwa pemimpin dan mampu mengarahkan adik serta keluarganya kepada arah yang baik.

Kendati demikian, semua itu bergantung kepada didikan orang tua itu sendiri. Banyak pula anak sulung yang tidak mampu menjadi pemimpin yang baik karena ia manja serta terlalu terbebani terhadap kebanggan orang tua itu sendiri.

Mempunyai rasa tanggung jawab

Menjadi anak yang dibebankan oleh banyak tugas, membuat si sulung tampil sebagai anak yang mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya. Ia juga merasa perlu bertanggung jawab terhadap keluarga karena ia merupakan anak tertua yang sudah seharusnya menjadi kebanggan. Ada banyak tugas adik-adiknya yang ia ambil alih dan dia tidak merasa keberatan dalam melakukan hal tersebut.

Terkadang merasa terbebani

Apabila anak sulung terus diberikan kepercayaan, beban, dan tanggung jawab tugas yang amat berlimpah, bukan tidak mungkin anak tersebut merasa terbebani dengan situasi yang ada. Mental anak yang kurang kuat membuatnya tidak mampu memberikan solusi bagi pengharapan orang tua mereka. bisa jadi, anak akan mengalami stress dan tidak mampu memberikan yang terbaik bagi keluarga.

Mempunyai sifat hemat

Mungkin ini terjadi pada kebanyakan anak sulung. Seorang anak yang terlahir pertama di keluarga, rata-rata merupakan anak dengan kesulitan ekonomi tersendiri. Mereka hadir di tengah keluarga yang tengah membangun kekayaan. Anak-anak sulung akan mengetahui betapa sulitnya membangun kekayaan dan hemat merupakan salah satu sifat anak sulung.

author