Begini Cara Mengasuh Anak Agar Tumbuh Cerdas

No comment 791 views

Tingkat kecerdasan anak dapat ditentukan oleh banyak faktor mulai dari gen, nutrisi, tingkat kesehatan jasmani dan rohani, hingga berbagai faktor eksternal. Namun salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan dan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak adalah pola asuh yang dilakukan oleh orang tua.

Pola asuh orang tua selain dapat menentukan karakter seorang anak ternyata memang dapat menentukan tingkat kecerdasan anak. Lantas pola asuh seperti apakah yang dapat memaksimalkan kecerdasan anak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa panduan pola asuh agar anak tumbuh cerdas dan berprestasi.

anak cerdas

Berikan anak ruang untuk bereksplorasi. Pada umumnya seorang anak memiliki tingkat ingin tahu yang tinggi terhadap segala hal baru yang ada disekitarnya. Sebagai orang tua sebiaknya anda memberikan keleluasaan, biarkan ia melakukan berbagai eksperimen sederhana dan mengeksplorasi berbagai hal yang menurutnya menarik. Pasalnyakegiatan seperti ini akan membangun kreativitas dan keaktifannya. Tugas anda disini adalah membimbing atau mengarahkan anak agar ia tidak salah dalam memahami sesuatu.

Ajarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan dan teman sebayanya. Bergaul dengan teman – teman sebaya selain dapat mengajarkan bagaimana bersosialisai dengan orang lain ternyata juga dapat memberikan pengalaman emosional yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada jalinan antar sel otak. Dengan demikian semakin banyak ia bersosialisasi akan membuatnya semakin cerdas. Namun tentunya anda juga harus memastikan bahwa tenpat ia bersosialisasi adalah lingkungan yangpositif.

Biasakan anak untuk membaca dan bertanya. Kebiasaan menbaca memang harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Ada banyak cara mengajarkan si kecil untuk gemar membaca. Mulailah mengenalkan bahan bacaan yang menarik seperti dongeng atau cerita, setelah itu tingkatkan untuk buku – buku lain yang lebih memiliki nilai pengetahuan. Selain itu dampingilah anak ketika ia sedang membaca, beri ia kesempatan untuk bertanya mengenai berbagai hal yang ia dapatkan dari apa yang ia baca.

author