Belajar Memandikan Bayi

No comment 3060 views

Bagi ibu baru yang memiliki bayi mungkin pada awalnya takut untuk memandikan si mungil ini namun anda tidak perlu takut, belajar memandikan bayi akan terasa istimewa jika anda memandikan bayi dengan baik dan benar. Berikut ini langkah langkah yang bisa anda coba saat memandikan bayi.

Persiapan perlengkapan mandi baby + perawatan tali pusarnya :

– Bak mandi+termometer mandi (optional), kira-kira 30-40 derajat celcius gt deh istilahnya hangat-hangat kuku
– Baskom kecil
– Kapas bulat+cotton bud
– Perlak karet+baby bather/alas anti slip (optional)
– Sabun+syampoo+baby oil/baby cream+minyak telon+bedak muka+hair lotion
– Kasa steril+alkohol 70%
– Baju ganti bayi+popok/celana+sarung kaki&tangan+gurita perekat (optional)+ bedong
– Handuk baby/handuk bertopi

Langkah-langkah memandikan si mungil :

– Siapkan air hangat dalam bak (1/4-1/2 tinggi bak saja) ambil sebagian masukkan baskom kecil (pastikan air tak terlalu panas atau dingin sebaiknya ada termometer)
– Letakkan perlak karet diatas tempat tidur dan mulailah buka semua pakaian baby disitu. lakukan pembersihan mata (arah dari mata kehidung), telinga dan lubang hidung dengan cotton bud (ganti cotton bud baru untuk setiap bagian yah), jika kotoran mengering dan susah dibersihkan celupkan dulu kedalam air hangat dalam baskom kecil hal ini juga dilakukan untuk pangkal tali pusar yang bersentuhan dengan kulit lakukan dengan hati-hati. selanjutnya bersihkan alat kelamin baby dengan kapas bulat yang telah dicelup air hangat (arahkan dari depan ke arah belakang). Ambil waslap basahi air hangat dan sapukan berlahan dari bagian muka, rambut, lipatan ketiak, tangan, badan, lipatan paha, kaki, bokong+punggung dan terakhir bagian kelamin.
– Mulai sabuni seluruh badan baby dengan sabun khusus baby dan sampoo khusus untuk rambutnya (2 in 1 juga boleh). setelah merata angkat hati-hati si kecil dengan posisi pergelangan tangan kiri menyangga leher dan tangan memegang dengan pasti ketiak kiri baby basuh dengar air menggunakan tangan kanan mulai ujung kepala hingga kaki dan punggung baby hingga bersih hati-hati jangan sampai telinga/hidung/mata baby kemasukan sabun/air.
– Setelah dipastikan seluruh sabun dan syampoo bersih segera angkat baby kembali diatas handuk yang telah disiapkan (usahakan jangan merendam terlalu lama menghindari bayi kedinginan cukup 3-5menit saja).
– Bungkus baby dengan handuk dan jangan digosok cukup ditepuk-tepuk lembut saja hingga kering, mulai lakukan perawatan lanjutan tali pusar bersihkan dahulu pangkal tali pusar jika masih ada kotoran dengan cotton bud yang telah dicelupkan kedalam alkohol 70%, ganti kasa lama dengan hati-hati dan pastikan area sekitarnya kering dan bersih. Oleskan alkohol 70% perlahan dari pangkal hingga ujung tali pusar (setelahnya bisa juga ditambahkan betadine) dan bungkus dengan kasa steril baru (jangan terlalu kencang dalam mengikatnya biarkan ada udara masuk sehingga cepat kering dan puput)
– Setelah perawatan tali pusar selesai oles baby oil di lipatan kulit baby atau jika ada rush boleh juga dioles baby cream. Untuk menghangatkan badan baby bagian perut, dada dan punggung baby dioles minyak telon tipis-tipis baru setelah itu dipakaikan baju dan popok baby lengkap. Terakhir sisir rambut baby dengan sisir khusus (sebelumnya boleh di beri hair lotion), bedaki mukanya perlahan dengan compact powder biar wangiiii dan selesai sudah.

Tips :

Mandikan bayi 2x sehari jam 7 pagi dan jam 3/4 sore di setiap harinya karena dengan membiasakan mandi teratur sejak bayi akan terbawa disiplin mandi hingga baby besar kelak
Jangan menggunakan plester untuk perawatan tali pusar
Jika diketahui tali pusar infeksi segera lakukan konsultasi dengan dokter tanda-tandanya: berdarah/bernanah, berbau menyengat, lembab berlebihan dan kemerahan/ada luka.
Alternatif jika tidak menggunakan perlak karet diatas kasur saat menyabuni adalah dengan baby bather yang diletakkan dalam bak mandi baby atau tambahkan alas karet anti selip di dalam bak mandi untuk safety.
Setelah mandi bisa dilanjutkan dengan menggunting kuku baby karena saat itu permukaan kuku dalam kondisi lembut

Sumber: campur-campur+modifikasi

author