Benarkah Ibu Hamil Naik Pesawat Sangat Dilarang?

Tidak bisa dipungkiri jika ibu hamil penuh dengan segala pantangan dengan tujuan untuk menjaga janin dari segala resiko. Termasuk, adanya larangan untuk naik pesawat dikarenakan perjalanan yang ditempuh memiliki jarak yang sangat jauh. Dikhawatirkan, proses persalinan bisa saja terjadi di saat situasi seperti itu.

Persoalannya adalah apakah benar bahwa ibu hamil naik pesawat sangat tidak direkomendasikan? Sayangnya, ini semua hanyalah mitos belaka karena pada kenyataannya banyak juga ibu hamil bepergian ke luar kota. Rasa khawatir akibat efek radiasi yang bisa muncul saat dilakukannya pemeriksaan tak sepenuhnya benar. Hal ini dikarenakan body scanner yang digunakan oleh pihak bandara memiliki jumlah yang sangat kecil dan tidak membahayakan janin.

Ibu Hamil Naik Pesawat : Ketahui Perkembangan Janin Terlebih Dahulu

ibu hamil naik pesawatMeskipun ada kemudahan bagi ibu hamil naik pesawat, namun bukan berarti bebas pergi kemana saja. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan saat bepergian akan terasa nyaman. Melakukan konsultasi dengan dokter kandungan adalah langkah yang tepat untuk memastikan apakah layak untuk pergi atau tidak.

Namun, ada beberapa kondisi yang memang tidak diperbolehkan untuk naik pesawat meski hanya berkisar 45 menit saja seperti :

1. Memasuki usia kehamilan 36 minggu. Di minggu ini tentu ibu hamil sangat rentan untuk dapat melahirkan dengan tiba-tiba sehingga tidak disarankan untuk pergi. Bahkan, kondisi fisik yang harus kuar dan tidak boleh lelah menjadi alasan mengapa tidak diperbolehkan.

2. Memiliki masalah plasenta dan catatan kesehatan selama kehamilan yang buruk. Biasanya, pihak bandara akan meminta referensi dari dokter untuk memastikan apakah dapat pergi atau tidak.

3. Memiliki resiko melahirkan secara prematur dan biasanya dialami oleh ibu hamil yang mengidap preeslampsia.

Nah, jika mengalami kondisi seperti diatas, maka sudah sebaiknya ibu hamil menunda keberangkatan dengan menggunakan naik pesawat. Resiko terbesar sudah menanti jika tetap memaksakan kehendak yang pastinya sangat berbahaya. Selain janin, kondisi ibu sendiri pun bisa sangat rentan sekali maka jangan paksakan ibu hamil naik pesawat ya bu.

author