Benarkah Pisang Baik Untuk Bayi Usia Kurang Dari 6 Bulan?

pisang

Memberikan pisang pada bayi merupakan kebiasaan Ibu-Ibu yang telah ada sjak dahulu. Mereka beranggapan bahwa pisang merupakan makanan yang lunak seperti bubur, sehingga mudah masuk ke tubuh bayi. Selain itu, pisang juga dianggap sebagai makanan yang murah serta mengandung vitamin buah-buahan.Tidak tanggung-tanggung, oleh karena pisang lunak seperti bubur, makanan ini diberikan kepada Si bayi pada usia belum genap 6 bulan.

Pada masa ini alat pencernaan bayi belum bekerja secara maksimal,atau belum mampu mencerna makanan-makanan yang beraneka ragam. Orang tua tentu menyadari hal ini. Akan tetapi karena anggapan bahwa pisang merupakan makanan lunak yang aman untuk bayi, maka para Ibu tidak khawatir lagi.

Faktanya, adalah sebaliknya. Pada usia kurang dari 6 bulan, pencernaan bayi belum siap untuk mengolah makanan. Sehingga, organ pencernaan akan bekerja ekstra dan menyebabkan terkurasnya banyak kalori. Selain itu, sebaiknya MP-ASI jangan diberikan sebelum anak genap berusia 6 bulan. MP-ASI akan membuat bayi merasa lebih kenyang dan enggan menyusu lagi. Padahal, pada usia ini, ASI lah makanan terbaik bagi mereka.

Piasng kurang baik diberikan pada bayi sebelum usia 6 bulan. Pada usia selanjutnya, pisang boleh diberikan, sebagai makanan pengganti ASI. Akan tetapi, tidak semua jenis pisang baik untuk bayi. Pisang-pisang yang lebih disarankan seperti pisang ambon.

author