Benarkah Susu Kedelai tidak berbahaya Jika dikonsumsi Ibu Hamil?

tips ibu hamil

 

Susu kedelai atau soy milk atau soya milk merupakan minuman sehat yang sangat direkomendasikan, apalagi bagi yang tidak menyukai susu sapi. Tapi, bagaimana dengan ibu hamil yang mengkonsumsi susu kedelai? Benarkah susu kedelai aman untuk mereka? atau justru akan membahayakan kandungannya?

Ini dia jawabannya. Konsumsi susu kedelai pada usia kandungan trimester pertama atau usia kandungan 1-3 bulan sebaiknya dibatasi. Hal ini dikarenakan dikarenakan susu kedelai mengandung phytoestrogen yang meningkatkan resiko keguguran.

Meskipun begitu, bukan berarti mengkonsumsi kedelai selama masa kehamilan dilarang. Pada usia kehamilan setelah trimester pertama, Anda dapat kembali mengkonsumsi susu kedelai dengan ukuran yang wajar. Hal ini dikarenakan manfaat dan kandungan susu kedelai baik bagi ibu hamil. Kandungan yang dimiliki oleh susu kedelai antara lain karbohidrat, lemak nabati, asam folat, vitamin, serta protein.

Asam folat merupakan zat yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin secara optimal, serta dalam proses pembentukan sel syaraf. Perkembangan dan pertumbuhan yang baik juga akan berpengaruh pada kecerdasan bayi. Protein juga akan membantu dalam mengganti sel-sel tubuh yang rusak, baik tubuh Ibu maupun janin. Protein yang cukup juga akan mempengaruhi kecerdasan anak. Lamak nabati juga sangat baik untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, susu kedelai yang yang diolah dengan benar dan higienis sangat baik untuk tubuh.
 

 

 

author