Bentuk-Bentuk Kesulitan Belajar Pada Anak

No comment 1152 views

Kesulitan belajar yang berlarut-larut akan berakibat buruk bagi anak. Bahkan anak dapat saja membenci belajar ketika mereka mulai stress berusaha. Oleh karena itu, menangani lebih dini jauh lebih baik. Setelah mengenali gejala-gejala kesulitan belajar pada anak, sebaiknya Bunda juga memahami bentuk-bentuk kesulitan belajar pada anak agar dapat menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang sedang dihadapi. Berikut adalah bentuk-bentuk kesulitan belajar yang sering terjadi pada anak:

Tips Mengajar Anak belajar

1. Disleksia

Disleksia adalah kesulitan mambaca. Penderitanya mengalami kesulitan memenggal kata serta mengenali bunyi yang tepat dari kombinasi huruf tertentu (misalnya “matahari” menjadi “atmarahi”). Kesulitan membaca pada penderita disleksia ini akan mengakibatkan kesulitan menulis juga.

2. Disgrafia

Anak mengalami kesulitan berekspresi dengan tulisan termasuk membuat tulisan tangan, mengeja, dan mengorganisasikan pikiran.

3. Diskalkulia

Merupakan kesulitan dalam memahami matematika mendasar (operasi hitung), menghafal angka-angka, mengorganisasikan angka, serta melakukan penomoran.

4. Gangguan Bahasa Reseptif

5. Gangguan pemusatan perhatian/ Hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD)

Anak mengalami kesulitan untuk duduk diam di kelas. Namun dapat disembuhkan ketika anak sudah diterapi.

Setelah memahami jenis-jenis kesulitan belajar, Bunda dapat segera menentukan hal-hal yang harus dilakukan untuk menangani kesulitan belajar anak.

author