Beragam Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

No comment 541 views

Selama anak mengalami masa pertumbuhan, anda mungkin akan mendapatkan beberapa macam gangguan pertumbuhan pada anak. Ini memang hal yang sering terjadi, dan orang tua sendiri harus dituntut untuk peka terhadap gangguan anak tersebut. Beberapa gangguan yang mungkin saja terjadi dan mampu menghambat pertumbuhan seorang anak adalah sebagai berikut.

Gangguan pada psikologis anak

Gangguan psikologis merupakan sebuah gangguan yang meliputi perubahan pada emosi anak, bagaimana fungsi fisiknya bekerja, dan bagaimana perilaku mentalnya pada kehidupan keluarga serta pergaulan. Ketika anak mengalami permasalahan psikologis, maka ia mungkin mengalami pola asuh keluarga yang salah. Beberapa kemungkinan terjadinya gangguan psikologis adalah prnyakit kronis atau cidera, kurangnya perhatian dari orang tua, serta rasa sedih yang mendalam akibat perpisahan.

Dalam konteks ini, bimbingan dari orang terdekat data membantu anak untuk mencapai tingkat normal pada psikologinya. Berikan anak motivasi dan kasih sayang yang lebih serta bukan malah memarahi anak terus-menerus. Rasa marah dan anggapan bahwa anak melakukan kesalahan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan karena bisa memperburuk keadaan.

Gangguan pada pola tidur anak

Anak mungkin saja jarang mengalami hal ini, namun persentasenya tetap ada. Gangguan tidur ialah anak sulit tidur pada waktu yang sudah seharusnya digunakan untuk beristirahat. Pola tidur yang buruk tersebut bisa memicu perkembangan yang buruk pula pada sistem kognitif anak. Orang tua, pada dasarnya harus mendorong anak untuk tidur dalam waktu yang teratur setiap harinya.

Gangguan kecemasan pada anak

Kecemasan, rasa takut, dan keinginan untuk enggan mencoba sesuatu bisa menghambat pertumbuhan anak anda. dalam waktu yang lama, bahkan gangguan ini mampu melumpuhkan kognitif anak. kendati demikian, gangguan kecemasan pada anak dapat dihilangkan atau diatasi dengan terapi.

Gangguan Kebiasaan pada anak

Gangguan kebiasaan pada anak bisa jadi merupakan sebuah usaha dalam menghilangkan stres. mungkin Beberapa gangguan kebiasaan yang paling sering terjadi diantaranya menggigit kuku, mengisap ibu jari, membenturkan kepala, bahkan mengigit atau memukuli dirinya sendiri. Gangguan pertumbuhan pada anak ini bisa dilakukan dengan pencegahan pada awal waktu sebelum anak benar-benar melakukan hal tersebut hingga dewasa.

author