Beragam Gangguan Tumbuh Kembang Bayi

No comment 984 views

Gangguan tumbuh kembang bayi bisa saja terjadi pada anak anda. sehingga, si kecil tidak boleh luput dari pandangan dan pengawasan orang tua. Anda tentu saja harus terus mengawasi tumbuh kembang bayi mulai ia lahir hingga pada usia tahunan. Kami memberikan daftar gangguan tumbuh kembang bayi berdasarkan usia yang mereka miliki.

Bayi usia 0-1 bulan

Gangguan pada bayi usia ini biasanya terjadi pada kemalasan si kecil dalam menghisap dan bayi menangis di luar pola kebiasaan. Sebagai contoh, anda patut waspada apabila bayi mengalami tangisan yang disertai dengan kejang.

Bayi usia 1-2 bulan

Gangguan tumbuh kembang bayi pada usia ini adalah tidak adanya respon disertai dengan gerakan atau kedipan mata. Bayi akan diam saja terhadap suara yang ada di sekelilingnya. Kalau hal itu terjadi, segera lakukan pemeriksaan terutama pada bagian pendengarannya.

Bayi usia 2-3 bulan

Kepala bayi akan terjatuh dan tidak memberikan tanggapan ketika bercakap-cakap. Bayi akan sangat lemas apabila diposisikan dalam keadaan duduk.

Bayi usia 3-4 bulan

Bayi akan bereaksi secara berlebihan apabila mendapatkan respon. Misalnya, ia akan mengeluarkan teriakan keras dan tidak mau tenang. Dalam waktu yang lama, kepala bayi tetap lunglai ketika diposisikan duduk dan ia tidak merespon terhadap kontak mata serta pembicaraan. Bayi bahkan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak seperti bayi anak usia dini lainnya.

Bayi usia 4-5 bulan

Pada usia ini, gangguan tumbuh kembang bayi biasanya terjadi dengan otot leher bayi yang terkulai lemas. Jika kondisi ini terjadi, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Bayi usia 5-6 bulan

Bayi tidak menunjukkan minat terhadap keadaan di sekitarnya. Juga, bayi belum mampu membedakan mana orang tuanya, serta mana orang lain. Selain itu, tangan bay tidak mampu menggapai mainan dengan menggunakan telapak tangan.

Bayi usia 6-7 bulan

Bayi tidak mengalami reaksi apabila dipanggil dan belum mampu duduk atau merangkak. Bahkan, seorang bayi tidak termotivasi untuk mencoba merangkak dan beajar duduk.

Itulah beberapa gangguan tumbuh kembang bayi yang patut untuk diketahui oleh setiap orang tua.

author