Beragam Makanan Untuk Anak Usia 2 Tahun

No comment 579 views

Makanan untuk anak usia 2 tahun memang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan, kecerdasan, dan membuat anak tetap menemukan nutrisi terbaiknya. Apa saja makanan untuk anak usia 2 tahun tersebut? Simak artikel ini lebih jauh.

Tomat

Tomat merupakan sumber yang sangat baik lycopene, pigmen antioksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Namun, penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat diserap lebih efisien oleh tubuh jika tomat telah dimasak dengan sedikit minyak.

Wortel

Wortel mampu memperbaiki penglihatan malam. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari beta-karoten, yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Salah satu gejala pertama kekurangan vitamin A adalah rabun senja.

Sayuran berwarna cerah

Sayuran berwarna cerah mengandung berbagai phytochemical (bahan kimia tanaman) yang akan memberi kita kesempatan lebih besar untuk mencegah penyakit mengerikan pada anak seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

Daging ayam

Ayam mengandung jauh lebih sedikit lemak daripada daging lainnya, karena sebagian besar lemak terletak pada kulit yang dapat dihilangkan. Namun, ayam dengan kulit tentu lebih tinggi pada lemak dari daging sapi dan daging merah lainnya.

Daging merah

Daging merah adalah yang terbaik termasuk dalam diet anak Anda dan berikanlah dua atau tiga kali seminggu. Ini merupakan sumber terbaik zat besi serta sangat mudah diserap. Kebutuhan zat besi meningkat ketika tubuh tumbuh cepat, sehingga sangat penting untuk memastikan anak Anda mendapatkan cukup zat besi antara 6 bulan dan 2 tahun.

Ikan salmon

Salmon menyediakan sumber lemak esensial yang mendukung fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh. Memang, diperkirakan bahwa asam lemak esensial dalam ikan berminyak dapat membantu anak-anak yang menderita disleksia atau dyspraxia. Sebuah ikan berminyak seperti salmon harus dimasukkan dalam semua makanan kita setidaknya sekali seminggu.

Keju

Keju tinggi lemak jenuh, yang tidak baik untuk orang dewasa tapi adalah makanan berenergi yang besar untuk anak-anak. Keju juga merupakan sumber yang baik untuk riboflavin (vitamin B2), yang penting untuk mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi. Keju adalah sumber yang baik dari vitamin B12 untuk orang yang tidak makan daging.

Beras merah

Beras merah menyediakan sumber energi yang baik, beberapa protein, vitamin B, dan mineral. Adalah jauh lebih bergizi untuk makan beras merah, karena beras putih telah kehilangan sebagian besar mineral penting dan vitamin selama pemrosesan. Pati beras, beras terutama coklat, diserap perlahan-lahan, sehingga memberikan glukosa stabil untuk energi berkelanjutan.

author