Beragam Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Tahukah Anda buah kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Dibalik rasanya yang manis, ternyata buah yang satu ini menyimpan berbagai kasiat. Benar saja, pasalnya buah yang terkenal berasal dari Timur Tengah ini memang mengandung banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya ada karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Lantas apa saja sih manfaat buah kurma yang konon sangat banyak ini?

kurma

Manfaat buah Kurma untuk kesehatan

  • Menyehatkan tulang dan gigi

Kadar mineral yang tinggi dalam kurma seperti selenium, mangnesium, mangan, dan tembaga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Mineral ini mampu menjaga kesehatan dan memperkuat keduanya, sehingga dapat menghindarkan seseorang dari masalahosteoporosis dn gigi keropos.

  • Memaksimalkan kerja saraf dan otak

Kurma memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan fungsi saraf dan otak, salah satunya adalah kalium. Kalium sendiri merupakan nutrisi yang mampu membuat saraf bekerja lebih sehat dan responsif. Dengan demikian aktivitas saraf dan otak akan meningkat, alhasil seseorang akan mampu berfikir lebih cepat dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

  • Menurunkan resiko stroke

Kurma merupakan jenis buah yang ampuh dalam mengontrol dan menghilangkan kolestrol berlebih dalam tubuh. Dengan demikian mengkonsumsi buah ini secara rutin akan sangat bermanfaar meminimalkan resiko stroke pada seseorang.

  • Melencarkan pencernaan

Kurma mengandung banyak serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan. Dengan demikian buah ini akan mampu mencegah terjadinya sembelit dan akan membantu melancarkan buah air besar.

author