Beragam Manfaat Wortel untuk Bayi

No comment 1104 views

Manfaat wortel untuk bayi terkenal begitu beragam dan wortel sendiri merupakan sayuran yang penuh dengan gizi, mempunyai tekstur yang lembut, dan rasa yang nikmat. Kebanyakan bayi memang mempunyai rasa suka terhadap wortel dan sayuran ini memberikan pilihan makanan yang manis bagi bayi. Pada umumnya, wortel mampu dikonsumsi ketika bayi berada pada usia 6 hingga 8 bulan. Cobalah untuk menawarkan dua hingga tiga sendok makan sayuran ini pada setiap anda memberikan makanan untuk bayi.

Sumber vitamin A

Wortel merupakan sumber beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu mata bayi Anda. Wortel juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mengandung phytochemical yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker tertentu, mencatat Academy of Nutrition and Dietetics. Selain itu, wortel kaya serat, yang membantu bayi Anda memiliki gerakan usus normal, catatan Brown. Wortel juga mengandung beberapa zat besi, kalsium dan vitamin C.

Tekstur wortel yang lembut

Wortel merupakan makanan bayi yang mempunyai tekstur sesuai. Untuk mencapai tekstur yang lebih lembut, anda bisa menumbuk wortel dan menghaluskannya sehingga lidah bayi akan sangat mudah mengontrol serta menelan makanan tersebut. Jangan menambahkan bumbu lain atau garam untuk menyedapkan rasa. Karena hal itu amat tidak dianjurkan untuk kesehatan bayi anda.

Banyak bayi yang mungkin belum menyukai wortel, namun hal itu tidak masalah karena anda bisa mencobanya kembali nanti. Ketika bayi mulai mampu mengkonsumsi dan menyukai wortel, maka pilihah wortel yang segar dan berwarna cerah. Anda diharuskan untuk mencuci wortel hingga bersih dan tidak masalah apabila anda ingin menyimpannya di dalam lemari es agar tetap segar.

Tips tambahan

Tunggu sampai bayi Anda berusia minimal 6 bulan untuk menawarkan wortel rumahan karena kemungkinan nitrat, bahan kimia yang dapat menyebabkan jenis anemia pada bayi muda. Setelah 6 bulan, wortel rumahan aman untuk bayi. Jangan pernah memberikan bayi wortel mentah cincang, yang merupakan bahaya tersedak.

author