Beragam Masalah Kesehatan Pada Bayi Baru Lahir

Masalah kesehatan pada bayi seringkali membingungkan dan tentu saja harus diketahui penanganannya dengan sangat baik. masalah kesehatan tersebut timbul karena organ tubuh bayi Anda belum berfungsi secara optimal dan Anda sebagai orang tua harus mampu menemukan cara mengatasinya. Di bawah ini, ada beberapa masalah kesehatan pada bayi yang baru lahir serta wajib untuk diwaspasai.

Muntah

Gumoh atau muntah adalah hal normal yang terjadi pada bayi dan disebabkan oleh batuk, menangis, sendawa, atau setelah minum susu. Penyebab gumoh atau muntah adalah karena katup antara kerongkongan serta perut yang belum dapat bekerja secara sempurna sehingga menyebabkan reluks asam. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan memilih ukuran putting botol susu yangs esuai karena botol yang terlalu besar akan menyebabkan bayi mengkonsumsi air terlalu banyak.

Sakit perut

Bayi yang sering memangis terutama dalam waktu lama pada minggu-minggu awal kelahiran akan mendapatkan rasa sakit pada perut mereka. sejatinya, hal ini sangat normal dan banyak dialami oleh bayi yang baru lahir. Untuk mengatasinya, seringlah membuat bayi Anda nyaman dengan cara menggendong atau memperhatikan kebutuhannya. Bayi yang merasa nyaman tentu saja akan mengurangi intensitas menangis sehingga sakit perut dapat dicegah.

Flu

Merupakan infeksi saluran pernapasan yang ditAndai dengan hidung tersumbat, batuk, pilek, serta demam yang biasa terjadi pada bayi Anda. bahkan, seorang bayi dapat mengalami 8 hingga 10 kali flu dalam satu kali musim. Kekebalan tubuh mereka yang belum tinggi merupakan penyebab utama seringnya gejala flu menyerang. Disarankan untuk menghubungi dokter dengan segera agar mendapatkan solusi terbaiknya.

Diare

Diare pada bayi ditAndai dengan tinja yang berair dan biasanya disebabkan oleh makanan yang Anda makan. Sar-sari makanan tersebut tentu saja masuk melalui ASI dan bisa saja menyebabkan diare pada si bayi. Langkah penanganan yang cepat adalah segera menghubungi dokter agar bayi segera ditolong. Karena, seorang bayi akan mengalami dehidrasi berat apabila teru mengeluarkan tinja yang berair.

Itulah beragam masalah kesehatan pada bayi yang harus Anda waspadai dan tangani dengan cepat.

author