Beragam Penyebab Anak Kembar Siam

No comment 744 views

Di dalam dunia medis, penyebab anak kembar siam belum mampu dipastikan penyebabnya. Kendati demikian, ada beberapa factor yang mungkin saja menyebabkan bayi mengalami kembar siam. Seorang bayi kembar siam merupakan bayi yang dilahirkan dalam keadaan dempet dan muncul pertama kali pada pasangan kembar siam Chang dan Eng Bunker yang lahir di Siam, Thailand. Sejatinya, apa saja faktor yang memungkinkan seorang bayi mengalami kembar siam? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

Genetik

Ketika kaluarga anda pernah mempunyai riwayat kembar siam, maka anda juga akan mengalami risiko terkena kembar siam. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan khusus terhadap perkembangan bayi anda apabila anda telah mengetahui ada riwayat kembar siam tersebut.

Penggunaan obat

Memang, vitamin selama hamil merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi. Kendati demikian, banyak pula calon ibu yang mengkonsumsi vitamin dalam jumlah begitu banyak sehingga malah menghasilkan telur lebih dari satu. Jika sperma yang ada dapat membuahi sel-sel telur tersebut secara berlebihan, maka anda memungkinkan melahirkan kembar siam.

Gizi

Salah satu penyebab kembar siam yang biasa terjadi adalah karena masalah gizi. Ketika seorang ibu mengalami kesulitan ekonomi dan tidak mampu memenuhi gizi dengan baik, maka bisa saja anak yang lahir adalah kembar siam. Juga, tidak melulu tuntutan ekonomi yang hadir sebagai halangan, karena seorang ibu bisa saja sangat tidak nafsu makan hingga ia hanya mengkonsumsi makanan jenis tertentu.

Pola makan

Ketika menjadi seorang ibu hamil, tentu saja anda harus memperhatikan pola makan yang ada. Terapkan gizi dengan teratur dan jangan mengkonsumsi makanan dengan tujuan asal kenyang. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan bayi anda dan memungkinkan kelahiran kembar siam.

Bayi kembar siam sejatinya dapat dioperasi dan menjadikan mereka normal kembali. Kendati demikian, sebelum melakukan operasi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut.

  • Organ tubuh bagian dalam yang tidak boleh bersatu.
  • Waktu pemisahan dimana bayi telah berusia 6 hingga 12 bulan.
  • Kondisi kesehatan bayi yang mengalami kestabilan.

Itulah beberapa penyebab anak kembar siam dan bagaimana sistem penangananya.

author