Beragam Penyebab Muntah pada Anak

No comment 940 views

Penyebab muntah pada anak sudah seharusnya dideteksi sejak dini dan jangan sampai anak sakit hingga berlarut. Ketika anak mengalami muntah, bisa jadi itu merupakan cikal bakal terhadap beragam penyakit. Sehingga, dengan mengetahui penyebab muntah pada anak, anda bisa mengetahui penanganan apa yang sebaiknya dilakukan. Ketika anak anda mengalami muntah, mungkin beberapa hal berikut dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Infeksi virus

Infeksi virus yang biasa terjadi dan menjadi penyebab muntah pada anak biasanya adalah infeksi rotavirus. Ini merupakan sebuah penyebab terjadinya diare pada anak. Dengan adanya rotavirus ini, maka anak akan mendapatkan sebuah demam ringan, muntah yang lebih sering, diare hebat, dan nyeri pada perut. Muntah pada anak yang disebabkan oleh rotavirus rata-rata berlangsung selama 3 hingga 7 hari.

Alergi

Anak bisa saja mengalami alergi atau sifat sensitif yang begitu tinggi. Mereka biasa mengalami muntah untuk jenis ini pada umur 6 hingga 12 bulan yang disebut dengan gumoh. Setelah usia itu, maka alergi dan sifat hipersensitif tersebut akan berangsur menghilang dengan batasan umur hingga umur 7 tahun. Namun, muntah tersebut akan menjadi lebih parah apabila anak terkena infeksi sebuah virus. Jika anak anda mengalami sakit kepala, badan pegal, badan terasa hangat, demam, dan nyeri tenggorokan.

Keracunan makanan

Tentu saja, selain memberikan deteksi-deteksi di atas, anda juga harus mempertimbangkan mengenai factor makanan yang ada. Anak bisa saja tidak cocok terhadap makanan tertentu atau bahkan mengalami keracunan. Ketika seorang anak keracunan, mereka akan muntah yang disertai dengan beragam gejala seperti kepala pusing, sakit perut, dan muka yang memucat.

Terlalu banyak makan

Pemberian nutrisi kepada anak memang sangat diwajibkan. Namun, tentu saja anda harus menciptakan sebuah keseimbangan mengenai jumlah nutrisi yang ada. Jangan asal memberikan takaran nutrisi kepada anak dan membiarkan mereka makan dalam jumlah besar. Efek jangka panjangnya tentu saja adalah obesitas. Namun untuk efek jangka pendeknya, anak bisa mengalami muntah karena kelebihan asupan.

Itulah beberapa hal yang patut untuk anda ketahui mengenai penyebab muntah pada anak.

author