Berapakah Berat Badan Ideal Saat Hamil?

No comment 568 views

Berat badan merupakan salah satu faktor yang harus benar – benar Anda perhatikanketika dalam masa kehamilan. Pasalnya ideal atau tidaknya berat badan Anda tersebut sedikit banyak dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan janin daam kandungan.

Lantas berapa berat badan ideal untuk ibu hamil? Tentu antara ibu yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda – beda. Postur tubuh akan sangat berpengaruh dalam menentukan berat badan ideal bagi ibu hamil. Namun Anda tak perlu kawatir, pasalnya Andapun dapat menghitung dan memperkirakan sendiri berapa berat badan ideal bagi Anda selama masa kehamilan. Bagaimana caranya? Yakni dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index).

ibu hamil

Menghitung berat badan ideal ibu hamil

BMI = BB / (TB)2

Keterangan:

BMI        : Body Mass Index

BB           : Berat badan sebelum hamil

TB           : Tinggi badan sebelum hamil

Setelah mengetahui berapa BMI Anda, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan panduan dari Institute of Medidice (IOM) untuk mengetahui berapa kenaikan berat badan ideal untuk Anda. Berikut tabel IOM yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

BMI  Keterangan  Kenaikan berat badan ideal
Kurang dari 18.5 Underweight 12 – 18 kg
18.5 – 24.9 Ideal 11 – 16 kg
25 – 29.9 Overweight 7 – 11 kg
Lebih dari 30 Obesitas 5 – 9 kg

Nah dengan mengetahui berapakah kenaikan berat badan ideal bagi Anda, tentu Anda dapat memperkirakan berapa berat badan ideal Anda ketika hamil. Melakukan diet sehat ketika hamil akan sangat membantu memperoleh berat badan ideal.

author