Berat Badan Ideal Ibu Hamil Jamin Pertumbuhan Janin

Kehamilan merupakan satu momen yang paling banyak ditunggu oleh setiap pasangan terutama bagi mereka yang sedang menantikan kehadiran si kecil di tengah keluarga. Maka tak heran, jika beberapa perlakuan dan perawatan khusus diberikan guna menjamin kesehatan janin dan si calon ibu. Termasuk, mengetahui berat badan ideal ibu hamil dengan cara melakukan perhitungan yang tepat.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, perlu disadari bahwa berat badan ideal bagi ibu yang sedang mengandung sangat tergantung dari beberapa hal yang mempengaruhinya seperti jenis gen atau elemen lainnya. Hal ini penting agar tidak ada nilai tertentu yang dijadikan sebagai patokan dalam memastikan bertumbuhnya janin. Yang terutama adalah menjamin kesehatan dengan cara mempertahankan berat badan sesuai dengan kondisi yang terjadi agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Berat Badan Ideal Ibu Hamil : Cara Menghitungnya

berat badan ideal ibu hamilPerlu diketahui bahwa berat badan ideal ibu hamil tidak memiliki rumusan yang pasti. Namun tidak sedikit yang menghitungnya dengan cara menambahkan berat badan ibu hamil setiap minggunya dengan berat sebelum hamil serta umur kehamilan. Sehingga diketahui secara pasti berat badan yang ideal agar dapat menopang segala aktifitas seiring dengan pertumbuhan bayi.

Bagi mereka yang kurang paham bagaimana menghitungnya, saat ini sudah ada kalkulator untuk menghitung berat badan untuk ibu hamil yaitu cukup dengan memasukkan angka-angka pada kolom yang tersedia, maka hasil yang diberikan seperti nilai kalori, ada tidaknya resiko yang ditimbulkan jika tidak sesuai dengan umur kehamilan hingga berat badan ideal untuk usia kehamilan.

Tidak dipungkiri jika berat badan yang meningkat semasa hamil sangat penting bagi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Pertumbuhan tersebut akan berkurang jika berat badan bertambah dalam nilai yang tidak sesuai dengan standar yang ditentukan. Akibat yang paling parah dari kejadian ini adalah kekurangan nutrisi atau bayi lahir prematur.

Jadi, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan medis secara berkala agar diketahui perkembangan janin dan berat badan ideal ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan.

author