Berbagai Pantangan Pasca Melahirkan

No comment 551 views

Dalam suatu tradisi pastinya ada berbagai pantangan pasca melahirkan untuk para ibu. Seperti etnis jawa yang merupakan salah satu etnis di indinesia yang masih menyimpan berjuta kebiasaan yang belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Pada dasarnya dalam kehidupan keseharian masyarakat jawa masih sering berbaur dengan hal-hal yang mungkin kini dianggap mitos, misalnya seorang anak gadis tidak boleh keluar malam, dilarang makan sambil tidur, dilarang tidur saat magrib dan masih banyak yang lainnya. Berpegangan pada hal ini kami akan membahas mengenai judul diatas kebiasaan tradisi jawa yang terutama yang berhubungan dengan ibu pasca malahirkan dapat meningkatkan kesejahteraan ibu melahirkan tanpa mengabaikan anak.

Dengan membantu meningkatkan kesejahteraan ibu melahirkan tanpa mengabaikan anak. kesejahteraan ibu dan anak ini mulai menjadi perhatian utama setelah terabaikan sejak lama. Tradisi jawa ini sebenarnya tidak mangajarkan sedikitpun dari berbagai pantangan pasca melahirkan. Adapun pantangan pada ibu pasca melahirkan seperti dilarang tidur saat maghrib, karena akan menyebabkan sakit pada ibu dan anak. kemudian dilarang makan ikan laut dan daging ayam agar luka bekas melahirkan cepat sembuh, dilarang banyak minum agar luka bekas melahirkan cepat sembuh. Tradisi ini hanya bertahan pada bebrapa golongan keluarga saja, walau sulit dijumpai namun tradisi ini masih dipertahankan oleh sebagian tertua atau orang tua yang sellau berusaha menerapkan pada anak perempuan mereka ataupun menantu mereka pasca melahirkan.

Sebenarnya sekilas pantangan diatas tidak dapat dirasionalkan dengan akal pikiran, namun dengan beberapa tahapan proses kemungkinan penjelasan secara ilmiah akan di dapatkan. Tidak adanya sumber yang jelas akan mengakibatkan tradisi lisan yang belum sempat dituliskan akan mengalami proses perubahan karena tiap orang akan memiliki persepsi yang berbeda mengenai hasil pembicaraan. Oleh karena banyak orang yang meragukan keakuratan sebuah tradisi. Tradisi-tradisi tersebut memang agak sulit untuk dilogikakan, namun itu hanyalah sekilas berbagai pantangan pasca melahirkan  yang dianut oleh masyarakat jawa sebagi tradisi mereka yang mungkin sudah diberlakukan secara turun temurun.

author