Berbagai Pantangan untuk Ibu Hamil Muda

No comment 351 views

Kehamilan merupakan suatu anugrah Tuhan yang mungkin tak pernah bisa dirasakan oleh sebagian kecil wanita di dunia, entah karena penyakit maupun kemandulan akibat kecelakaan. Oleh sebab itu kehamilan haruslah disyukuri dengan sebaik mungkin.

Ada banyak cara dalam mensyukuri kehamilan, salah satunya adalah dengan mengawal dan merawat proses kehamilan ini dari awal hingga akhir. Nah untuk melakukannya tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain harus rajin melakukan perawatan guna menunjang kehamilan, tentu ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk dijauhi, ini lah yang disebut pantangan.

Ada banyak sekali pantangan terkait masalah kehamilan, terutama ketika masa kehamilan awal atau trimester pertama. Apa saja pantang tersebut? Yuk simak sama – sama.

pantnagan

Pantangan yang pertama berkaitan dengan pola makan. Bagaimanapun yang namanya makanan selalu menjadi perkara penting bagi ibu hamil. Makanan yang diasup ibu akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. Makanan yang baik tentu akan menunjang pertumbuhannya, sebaliknya makanan yang tidak sehat justru dapat membawa bahaya bagi si janin.

Beberapa pantangan untuk ibu hamil yang terkait makanan antara lain: tidak boleh mengkonsumsi makanan mentah, makanan dengan pemanis buatan, makanan dengan kafein tinggi, minuman beralkohol, serta makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas.

Selanjutnya pantangan yang berkaitan dengan pola hidup atau kebiasaan. Selain makanan tentu ibu hamil muda juga harus memperhatikan masalah aktivitas sehari – harinya. Ada beberapa hal yang sebisa mungkin harus dihindari. Misalnya memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi, hal ini dilarang karena dapat menambah berat beban pada kaki ibu yang tengah hamil. Selanjutnya ibu hamil tak diperkenankan bekerja terlalu keras, membungkukkan badan terlalu rendah, serta tidur dengan posisi tengkurap. Untuk masalah tidur usahakan dalam posisi miring.

Sebenarnya masih ada banyak lagi pantangan yang harus di perhatikan oleh seorang ibu yang tengah hamil muda. Untuk lebih jelasnya tentu berkonsultasi ke bidan atau dokter adalah pilihan yang terbaik.

author