Berbagai Penyebab Nyeri Perut Ketika Hamil

No comment 407 views

Tidaklah mudah menjalani masa kehamilan karena terdapat berbagai penyebab nyeri perut ketika hamil yang mengganggu masa kehamilan. Meskipun nyeri perut saat kehamilan seringkali terjadi pada perut bagian bawah, namun serangan nyeri bisa pula terjadi diperut bagian lain. Dalam kebanyakan kasus rasa nyeri yang timbul bukanlah masalah serius. Namun untuk sebagian lainnya, rasa nyeri bisa menjadi gejala dari masalah serius. Oleh karena itu sangatlah penting bagi wanita hamil mengetahui hubungan antara kehamilan dan nyeri perut bagian atas.

  1. Kehamilan  ektopik. Pada masa ini terjadi ketika embrio diiluar rongga rahim. Dalam kebanyakan kasus kehamilan ektopik, implantasi embrio terjadi di dalam tuba falopi. Namun embrio juga bisa berada pada leher rahim, idung telur, atau daerah perut. Bila tidak ditangani kehamilan ektopik bisa menimbulkan perdarahan dan komplikasi lain.
  2. Keguguran banyak dialami pada periode beberapa bulan pertama kahamilan. Bila seorang wanita merasa nyeri diperut diikuti oleh kelemahan dan keluarnya darah segera hubungi dokter.
  3. Preeklamsia. Salah satu penyebab utama rasa nyeri diperut adalah preeklamsia yang juga merupakan salah satu berbagai penyebab nyeri perut ketika hamil, yang terjadi selama trimester kedua atau ketiga. Kondisi ini terjadi ketika ibu hamil menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sering dengan meningkatkan kandungan protein dalam urin. Hal ini menyebabkan perubahan pembuluh darah sehingga organ-organ tertentu tubuh seperti ginjal, otak dna hati bisa terpengaruh.
  4. Kontraksi Braxton hicks. Kontraksi ini bukan merupakan tanda akan datangnya kehamilan melainkan terjadinya akibat pengencangan otot-otot rahim pada durasi sangat singkat.
  5. Kelahiran premature. Nyeri perut parah biasanya akan menyertai saat leher rahim melebar atau mulai mengalami kontraksi sebelum 37 minggu. Gejala ini akan menjadi indikasi persalinan premature dan memerlukan perhatian medis segera.
  6. Infeksi ginjal. Infeksi ginjal biasanya menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut bagian bawah dan daerah pinggul, tetapi jika telah menyebar juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan di perut bagian atas.

Penjelassan diatas merupakan berbagai penyebab nyeri perut ketika hamil yang perlu diketahui bagi para wanita yang tengah mengandung.

author