Berbagai Perubahan Fisik Wanita Hamil

No comment 474 views

Saat masa kehamilan berbagai perubahan fisik wanita hamil yang tampak. Umunya kehamilan bagi seorang ibu dan juga sebuah keluarga tentunya merupakan berita yang menggembirakan. Apalagi bila kelahiran seorang anak adalah impian dan dambaan bagi keluarga yang sekian lama belum dikaruniai seorang anak pula. Selama menjalani masa kehamilan maka seorang ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan yang fisiologis berhubungan dengan kehamilannya tersebut. Perubahan ibu hamil berkaintan langsung dengan perubahan hormonal yang terjadi umum dan normal pada setiap ibu yang sedang mengandung janin anaknya.

Perubahan tubuh selama kehamilan ini umum terjadi. Yang membedakan adalah respon dari masing-masing ibu hamil tersebut. Karena kita temui ibu hamil yang merasakan mual-mual, pusing dalam kehamilan terutama pada trimester pertama. Adapun berbagai perubahan fisik wanita hamil yang tampak seperti dibawah ini yaitu:

  1. Perubahan payudara. Perubahan ini tidak mengalami perubahan yang berarti sampai pada awal trimester ke 3, ketika kelenjar susu mulai aktif karena adanya perubahan hormonal. Sampai pada bulan ketujuh kehamilan. Payudara akan memproduksi sedikit kolostrum, cairan kekuning-kekuningan yang merupakan makanan berarti bagi bayi di awal kehidupannya.
  2. Perubahan fisik ibu hamil lainnya adalah rahim ibu hamil akan menjadi lebih besar dan salah satu efek yang ditimbulaknnyya dari pembesaran rahim ini adalah sering berkemih serta juga rasa tidak nyaman di sekitar perut bagian bawah.
  3. Keluhan sesak nafas. Sesak nafas pada ibu hamil karena adanya peningkatan hormon progesterone sehingga hal ini akan memberikan tanda kepada organ untuk merendahkan tingkat karbon dioksida pada darah. Pada akhirnya ibu hamil sedikit lebih secapat bernafas dan lebih dalam menghirup lebih banyak karbon dioksida dan menjaga tingkat karbondiaoksida rendah.
  4. Perubahan dalam system hormonal serta juga kekebalan tubuh. Adanya HCG akan menyebabkan ibu hamil mual-mual bahkan sampai muntah pula dna ini bertambah parah bila kehamilannya kembar.

Itulah sekilas ulasan berbagai perubahan fisik wanita hamil yang perlunya diketahui oleh anda para calon ibu.

author