Bola – Bola Ubi, Resep Sederhana untuk Menu Sehat Bayi

Memasuki usia 6 bulan bayi hendaknya sudah mulai diberikan makanan – makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan pendamping ASI ini dapat berupa susu formula, bubur tim, maupun jus sayur dan buah.

Manfaat makanan pendamping ASI ini tidak hanya sebagai pelengkap dan penunjang gizi bayi, namun juga sekaligus merangsang kemampuan oralnya. Dan ketika bayi telah mulai memasuki usia yang lebih tinggi, misalnya 8 bulan, makanan pendamping ASI nya juga sudah harus ditingkatkan. Mulai yang awalnya sangat lembut, kini boleh diberikan makanan dengan tekstur yang sedikit lebih keras dari sebelumnya. Hal ini menyesuaikan dengan pekembangan bayi, terlebih usia – usia ini merupakan usia menjelang tumbuhnya gigi susu si kecil.

Nah berbicara mengenai makanan pendamping ASI untuk bayi usia 8 bulan, ada sebuah menu sederhana yang perlu Anda coba, yakni ‘bola – bola ubi’. Makanan ini mudah dan praktis dibuat, namun kaya akan nutrisi dan baik untuk melatih kemampuan oralnya.

Penasaran apa saja bahannya dan bagaimana membuatnya? Berikut resepnya untuk Anda.

bola ubi

Resep Bola – Bola Ubi

Bahan – bahan:

  • 50 gr ubi ungu
  • 50 gr ubi madu
  • 1 buah pisang raja
  • 3 sdm susu formula
  • Yoghurt tawar, untuk bahan celupan

Cara Membuat:

  1. Kupas kulit ubi lalu cuci hingga bersih.
  2. Kukus kedua jenis ubi secara terpisah, tunggu hingga matang dan lunak. Angkat lalu haluskan.
  3. Tambahkan masing – masing setengah buah pisang ke dalam dua jenis ubi kukus yang telah di haluskan. Campur adukkan hingga merata.
  4. Taburkan susu bubuk formula, lalu aduk kembali.
  5. Bentuk adonan ubi menjadi bola – bola kecil yang menarik dengan dua warna, ungu dan kuning.
  6. Sajikan bersam dengan saus yogurt untuk bahan cocolan.
author