Bolehkah menambahkan Garam pada MPASI?

No comment 620 views

Menginjak usia 6 bulan ke atas, bayi sudah boleh diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Bagi orang dewasa, terkadang MPASI ini terasa hambar, sehingga tak jarang Bunda, memasak dengan menambahkan bumbu-bumbu seperti gula dan garam pada makanan bayi. Tapi benarkah makanan bayi terasa hambar? sebenarnya tidak. Hnaya saja kita sebagai orang dewasa sudah terbiasa memakan-makanan asin, sehingga memberikan efek hambar pada makanan bayi yang kita cicipi. Akan tetapi, bagi bayi yang lidahnya masih normal, makanan tersebut rasanya tidak hambar.

 bubur

Lalu bolehkah menambahkan garam pada makanan bayi? Tentu daja sebaiknya tidak, atau kalaupun mau memberikannya, jumlahnya pun sangat sedikit. Karena alat pencernaan bayi belum kuat saat itu. Sehingga garam akan mengganggu, bahkan dapat merusak ginjalnya jika berlebihan. Toh, tidak menambahkan garanm pada makanan pun, anak juga masih menerima asupan nutrisi seimbang dari kandungan nutrisi pada ASI. Menurut berbagai penelitian, garam yang berlebihan juga akan meningkatkan risiko hipertensi, sakit jantung, serta kegemukan.

Lalu apakah bayi sama sekali tidak boleh diberi asupan garam? Garam hanya boleh diberikan 1 gr dengan 0,4 gr natrium setiap harinya pada bayi berusia 6-12 bulan. Satu gram adalah ukuran yang snagat sedikit, oelh karena itu, jangan berlebihan ketika memberikan tambahan garam pada MPASI. Aanak akan mengalami peningkatan kebutuhan garam yaitu pada usia 1-3 tahun dengan jumlah 2gr garam dengan kandungan natrium sebesar 0.8 gr.

author