Bubur Bayi Sehat Bikin Para Ibu Semangat

No comment 1143 views

Adakah hubungan antara bubur bayi yang sehat dan bergizi dengan semangat ibu? Tentu jawabannya sudah pasti ada. Ibu adalah sosok wanita yang akan memberikan terbaik untuk perkembangan anaknya termasuk dalam menyiapkan makanan yang akan dikonsumsi. Berbagai variasi menu pun siap disajikan tanpa memperdulikan rasa lelah yang didera.

Adapun bubur bayi sehat merupakan makanan yang memang harus diawasi dengan ketat guna menjamin kebutuhan gizi dan nutrisi selama masa pertumbuhan. Mulai dari sayuran, daging, ikan atau pun tahu kerap dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat bubur yang enak dan lezat. Satu hal yang terkadang banyak dilupakan oleh para ibu lainnya dimana rasa menjadi nomor dua.

Bubur Bayi Sehat :  Jangan Abaikan ASI Ya, Bu!

bubur bayi sehatSaat Usia bayi menginjak 6 bulan, sudah waktunya ibu memperkenalkan bubur yang dapat dicerna dengan mudah. Salah satu alternatif yang dapat dicoba adalah bubur susu atau oatmeal. Nah, cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan ASI untuk mencairkan bubur. Ingat, rasa ASI yang sudah dikenal bayi akan mempermudah untuk dikonsumsi.

Tidak sedikit orang tua yang menghaluskan bubur dengan menggunakan air biasa atau air kaldu. Boleh-boleh saja guna mengenalkan rasa baru bagi bayi. Namun, usahakan untuk tidak menambahkan gula atau garam karena justru akan membuat mereka tak mengenal rasa asli pada makanan tersebut.

Selain itu, penggunaan gula secara berlebihan dan terlalu sering akan membuat pertumbuhan gigi menjadi terganggu. Untuk memberikan rasa, ibu boleh mencampurkannya dengan ASI dan sayuran  atau buah sehingga tercipta rasa yang asli.

Hadapi Penolakan Dengan Bersabar

Biasanya, bayi akan sering menolak makanan yang baru saja dikenalkan pada mereka. Memuntahkannya kembali adalah bentuk reaksi yang diberikan. Meskipun demikian, para orang tua haruslah bersabar dengan cara mengulangi beberapa kali untuk mengenalkan jenis makanan baru. Dengan cara yang lembut serta disiplin, dipercaya si kecil akan merasa nyaman saat menyantapnya. Jadi, semakin bersemangat untuk membuat bubur bayi sehat lagi kan bu?

author