Cara Alami Ringankan Gejala Bronkitis pada Bayi

Bronkitis merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan, atau lebih tepatnya yang terjadi pada bronkus. Umumnya penyakit ini banyak menyerang bayi usia dibawah 1 tahun, kondisi kekebalan tubuh bayi yang masih terbilang lemah menjadi salah satu pemicu mengapa penyakit ini mudah menyerang.

Bronkitis  disebabkan oleh infeksi virus bernama Respiratory syncytial virus (RSV), virus ini mudah sekali menyebar dan menular dari individu ke individu lain melalui udara dan cairan hidung. Selain itu faktor lingkungan seperti banyaknya asap rokok juga turut berperan dalam penyebaran penyakit bronkitis pada bayi.

Penyakit bronkitis pada bayi ini umumnya ditandai dengan adanya gejala ISPA ringan seperti batuk yang terjadi berhari – hari, kemudian diikuti dengan nafas yang berat dan menimbulkan suara berdesis. pada kondisi yang parah bayi akan mengalami demam tinggi disertai lebam berwarna kebiru – biruan pada tubuh. Jika hal ini telah terjadi pada bayi Anda, langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter agar segera ditangani dan tidak semakin parah.

Namun jika gejala bronkitis yang dialami oleh si kecil baru sebatas gejal awal atau gejala ringan, Anda dapat melakukan beberapa cara alami mengatasi bronkitis pada bayi dirumah. Bagaimana caranya? simak yang berikut ini.

bayi batuk

Cara alami ringankan bronkitis pada bayi

  • Cukupi kebutuhan cairan si kecil dengan memberikan ASI dalam jumlah yang cukup untuk menghindarkan si kecil dari masalah dehidrasi.
  • Bersihkan tempat atau ruangan yang sering ditempati bayi dari debu dan asap rokok atau jenis kotoran lainnya yang dapat semakin memperparah pernafasan si kecil.
  • Berikan rasa kehangatan pada bayi. caranya Anda dapat membalurkan campuran minyak telon dan irisan bawang putih pada tubuh bayi, kemudian kenakan pakaian hangat pada bayi.
  • Pijat secara lembut dan perlahan pada daerah dada bayi untuk meringankan pernafasannya.

Dengan langkah – langkah sederhana tersebut semoga dapat meringankan gejala bronkitis pada bayi Anda, sehingga tidak menjadi semakin parah.

author