Cara Aman Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

No comment 831 views

Pernahkah si kecil mengalami perut kembung? Perut kembung memang merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang sangat sering menimpa bayi, terutama yang berusia dibawah 6 bulan. Belum sempurnanya organ pencernaan bayi menyebabkan gas dengan mudah terkumpul pada organ lambung maupun usus bayi, sehingga terjadi kembung.

Masalah perut kembung pada bayi umumnya disebabkan oleh posisi ketika menyusui yang sedikit kurang tepat sehingga membuat udara ikut terserap bersama ASI. Masalah lain yang juga dapat menjadi penyebab bayi mengalami kembung adalah terlambatnya memberikan ASI ketika bayi telah merasa lapar, akibatnya udara akan sangat mudah masuk ke dalam perut bayi yang kosong.

kembung mengatasi

Meskipun masalah perut kembung pada bayi ini merupakan seseuatu yang umum terjadi, tentunya Anda tidak boleh menyepelekan hal ini. Pasalnya ketika bayi akan cukup tersiksa dengan keadaan ini sehingga mudah sekali rewel. Oleh sebab itu bersegera mengatasi masalah ini adalah langkah terbaik yang harus Anda tempuh. Lantas bagaimana caranya? Untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi Anda tidak perlu panik dan lakukanlah beberapa hal berikut ini:

Pertama Anda dapat meletakkan sebuah kain bersih yang telah terlebih dulu dicelupkan ke dalam air hangat pada perut bayi.

Kedua usap atau pijatlah dengan lembut perut bayi dari atas ke bawah. Sebagai catatan lakukan hal ini ketika si kecil dalamkeadaan tenang.

Ketiga posisikan bayi dalamkeadaan tengkurap pada paha atau perut Anda. Tujuannya agar angin yang berada dalam perut bayi bisa keluar.

author