Cara Aman Merawat Bayi Masuk Angin

No comment 720 views

Masuk angin merupakan suatu istilah yang sudah sangat akrab di tengah masyarakat yang menunjuk pada suatu gangguan kesehatan. Namun kendati demikian istilah ini sebenarnya bukan lah istilah medis yang terdapat dalam kamus kedokteran manapun. Masuk angin seringkali dimaknai sebagai suatu gejala kesehatan yang ditunjukkan dengan adanya rasa kembung, mual, kepala pusing, meriang, dan menggigil.

Masuk angin dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali seorang bayi. Bahkan potensi seorang bayi mengalami masuk angin dapat dikatakan lebih tinggi dari orang dewasa, hal ini dapat dimaklumi karena tingkat kekebalan tubuh bayi memang masih tergolong rendah. Masuk angin biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrem, kondisi tubuh yang terlalu lelah, dan asupan nutrisi yang kurang terpenuhi.

Bayi yang terserang masuk angintentu harus mendapatkan perawatan kusus dan perhatian lebih dari sang ibu. Pasalnya masuk angin seringkali menyebabkan bayi rewel dan kehilangan nafsu makan. Lantas bagaimana cara merawat bayi masuk angin?

bayi demam

Tips merawat bayi masuk angin agar lekas sembuh

Merawat bayi masuk angin agar lekas sembuh tentu tak boleh sebarangan. Ada tips – tips khusus yang aman dan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan bawang merah.

Bawang merah memang telah sejak lama dipercaya memiliki kasiat menyembuhkan masuk angin pada bayi. Caranya pun cukup mudah, yakni Anda tinggal memarut 1-2 siung bawang merah hingga lembut kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau minyak telon. Selanjutnya balurkan pada beberapa bagian tubuh bayi seperti perut, punggung, dada, kaki, dan tangan. Ramuan ini dapat memberikan rasa hangat pada bayi dan dapat meredakan gejala masuk angin seperti perut kembung, mual, demam, dan menggigil.

Lakukan cara perawatan ini secara rutin setiap pagi dan sore hingga bayi benar – benar sembuh dan terbebas dari masuk angin. Namun jika setelah 3 hari tak ada perkembangan yang berarti, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

author