Cara Efektif Mengobati Diare Pada Bayi

No comment 611 views

Bayi memang mudah sekali terserang penyakit, salah satunya adalah diare. Penyakit ini sendirimemang sering dialami oleh bayi, penyebabnya bisa karena panas dalam, atau bisa juga karena makanan yang dikonsumsinya tidak cocok dengan perut si bayi yang belum bisa mencerna makanan dengan baik. Diare memang tidak terlalu berbahaya, meski begitu diare dapat juga menimbulkan penyakit lainnya pada bayi semisal gatal – gatal.

bayi diareOleh karena itu, sebaiknya sesegera mungkin atasi diare pada anak anda. Namun perlu anda perhatikan, mengobati diare pada anak sebaiknya jangan menggunakan obat – obatan yang mengandung bahan kimia jika tidak disarankan oleh dokter. Pasalnya akan dapat meninggalkan efek samping pada si bayi, dan sebagai gantinya anda bisa mengobati diare pada bayi dengan cara yang alami. Untuk lebih jelasnya, silakan simak cara mengobati diare pada bayi berikut ini.

Oralit
Cara terbaik dan aman untuk mengatasi diare pada anak adalah dengan memberikan oralit, perlu diketahui oralit sendiri memang sejak dulu sudah dipercaya dan terbukti untuk mengatasi diare. Cara membuatnya, cukup ambil satu gelas air, terus campurkan dengan 4 sendok teh gula dan 1 sendok teh garam.

Memberi Asupan Cairan Yang Cukup
Perlu diketahui, selama bayi diare akan membuat mereka kehilangan banyak cairan dan dehidrasi. hal seperti ini sangat berbahaya untuk si bayi, oleh sebab itu sebaiknya anda segera memberikan susu atau bila perlu ASI jika bayi masih menyusu pada ibunya.

Makanan Padat
Jika bayi anda diare, bisa saja hal tersebut karena terlalu banyak mengkonsumsi cairan seperti ASI. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya berikan sedikit makanan padat. Anda bisa memberikannya roti atau bisa juga buah pisang.

Nah itulah beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengobati diare pada bayi, namun bila bayi anda mengalami diare yang cukup parah sebaiknya segera periksakan ke dokter. Takutnya nanti akan terjadi hal yang lebih serius, selain itu pastikan supaya anak anda tetap di rawat dengan baik ketika sedang diare.

author