Cara Hebat Mendidik Anak Taat Beragama

No comment 839 views

Mendidik anak sejak dini akan lebih mudah melakukannya katimbang melakukannya ketika sudah beranjak dewasa. Pasalnya diusia anak yang masih belia pikiran dan hatinya dapat dikatakan masih fres sehingga akan lebih mudah menyerap dan menerima apa yang Anda ajarkan. Untuk itu didiklah anak – anak Anda sejak dini.

Mendidik anak haruslah mencakup segala hal, dan yang paling utama tentu adalah mengajarkan anak beragama agar kelak ia menjadi insan yang taat dalam beragama. Meskipun mendidik anak diusia belia relatif mudah, namun Anda tidak boleh menyepelekannya. Terlebih untuk urusan aga,a seperti ini. Maka dari itu Anda memerlukan kiat – kiat khusus dalam mengajarkan agama kepada anak. Apa saja kiatnya?

puasa

Tips mendidik anak menjadi pribadi yang taat beragama

  • Mulailah dengan memberi contoh

Cara terbaik untuk mengajarkan anak beragama adalah dengan memberinya contoh real. Ingatlah bahwa anak memiliki sifat imitasi atau menirukan yang tinggi, maka dari itu ia akan sangat mudah mengingat dan menirukan apa yang ia lihat dari orang disekitarnya. Nah maka dari itu mulailah didik si kecil dengan memberikan teladan.

  • Ajak anak terlibat dalam kegiatan beribadah

Andapun harus membiasakan anak Anda untuk melakukan kegiatan ibadah sejak dini. Jika Anda seorang muslim ajak si kecil ketika Anda akan pergi ke masjid untuk solat berjamaah. Pilih tempat paling pinggir agar tidak mengganggu jamaah lainnya dan tempatkan anak disamping Anda.

  • Didik melalui kisah atau dongeng

Anak – anak tentu sangat suka dengan yang namanya dongeng atau cerita fiktif. Nah manfaatkan hal ini untuk mendidik anak beragama. Pilihlah dongeng atau cerita yang terkait dengan pendidikan agama. Dengan demikian kegiatan Anda mendidik anak soal agama akan menadi lebih menyenangkan.

  • Tanamkan nilai – nilai agama dalam kesehariannya

Ajarkan anak untuk hidup dengan nilai – nilai agama. Mulai dari hal sederhana, misalnya berdoa setiap kali hendak melakukan sesuatu kemudian menutupnya kembali dengan doa setelah selesai. Atau dengan kebiasaan – kebiasaan sederhana lainnya.

author