Cara Hebat Menghemat Listrik Keluarga

No comment 718 views

Di era modern seperti saat ini perlengkapan kebutuhan rumah tangga yang menggunakan listrik terus berkembang pesat. Mulai dari perlengkapan memasak, peralatan kebersihan, hiburan, dan masih banyak lainnya membutuhkan listrik sebagai sumber tenaganya. Hal ini memang sangat membantu untuk urusan efektifitas kerja dan kenyamanan. Namun jika ditelisik lebih jauh keberadaab perlengkapan listrik ini seringkali menjadi penyebab utama melonjaknya tagihan listrik keluarga Anda. Apalagi jika Anda dan keluarga tidak mampu mengelolanya dengan baik. Alhasil pengeluaran keluargapun juga akan ikut melonjak.

Nah untuk itu tentunya Anda membutuhkan tips bagaimana cara mengelola dan menghemat listrik yang baik bukan? Dan pada kesempatak kali ini kami akan sedikit berbagi tips menghemat listrik yang semoga dapat sedikit membantu Anda mengatasi masalah tingginya biaya listrik keluarga serta dapat menghemat pengeluaran keluarga.

listrik

Cerdas dalam berhemat listrik

  • Mulailah dari membiasakan diri mematikan peralatan elektronik yang sedang tidak Anda gunakan. Seperti misalnya tv, komputer, radio, atau yang lainnya.
  • Jika Anda selalu menyalakan tv setiap harinya tidak ada salahnya jika Anda membiarkan tv dalam kondisi stand-by. Namun jika Anda sangat jarang menyalakan tv tentu akan lebih baik jika Anda mematikan tv secara penuh. Hal seperti ini bisa menghemat listrik keluarga Anda hingga 3-4%.
  • Bijak dalam menggunakan perangkat elektronik. Misalnya ketika mencuci. Jika memang pakaian yang dicuci hanya sedikit ada baiknya Anda melakukannya secara manual dengan tangan. Barulah ketika cucian menumpuk banyak, menggunakan mesin cuci tentu akan lebih baik.
  • Jika memang tidak mendesak ada baiknya Anda menyetrika dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini akan lebih hemat listrik katimbang Anda menyicilnya sedikit demi sedikit setiap hari.
  • Matikan lampu disiang hari atau ketika sedang tidak digunakan. Pilihlah pula lampu yeng memiliki teknologi hemat energi dan ramah lingkungan. Matikan pula peralatan elektronik laik ketika sedang tidak digunakan.
  • Pastikan Anda menggunakan tangki penampungan iar yang cukup besar, sehingga Anda tidak perlu menyalakan pompa air setiap hari. Cukup beberapa hari sekali dan hal ini terbukti ampuh dalam menghemat listrik keluarga.
author