Cara Ibu Menyapih Bayi

No comment 510 views

gaya menyusu

Asi merupakan makanan yang sangat baik bagi bayi. Asi ini telah diberikan sejak bayi dilahirkan. Dengan rutin memberikan Asi kepada bayi, bukan hanya manfaat fisik saja yang dirasakan, tetapi juga manfaat secara emosional. Bayi dan Ibu akan memiliki kedekatan emosional yang lebih erat melalui dekapan yang setiap saat dilakukan saat menyusui.

Semakin bertambahnya waktu, umur anak pun akan bertambah dan anak yang sudah besar tentu tidak pantas lagi jika masih kedapatan meminum ASI bukan? Oleh karena itu, setelah kurang lebih 2 tahun anak harus mulai disapih. Sapih adalah proses mengganti kebiasaan anak untuk meminum Asi sebagai sumber makanan utamanya dan menggantinya dengan makanan padat.

Menyapih bukan perkara mudah, karena pada awal proses, tentu bayi akan rewel. Akan tetapi ada beberapa cara menyapih yang disarankan, seperti perlahan memperkenalkan minum susu dengan menggunakan dot. Lalu mulai memberikan makanan padat kepada bayi, hingga bayi merasa kenyang dan tidak mau menyusu lagi. Atau dengan memberikan perasa pait yang aman untuk bayi disekitar puting. Dengan begitu bayi akan mengklaim bahwa rasa ASI kini menjadi pahit dan berhenti untuk menyusu.

Cara menyapih yang baik juga akan menambah tingkat keberhasilannya. Bunda hanya perlu sabar menghadapi Si Kecil jika rewel. Cara-cara cerdas dan perlahan lebih disarankan walaupun prosesnya lama, daripada langsung melarang bayi untuk minum ASI secara tiba-tiba.

author