Cara Melatih Tanggung Jawab Anak dalam Keluarga

No comment 675 views

Tanggung jawab anak dalam keluarga sudah seharusnya diperhatikan dengan sangat baik. Ketika seorang anak telah berusia dewasa atau mampu melakukan banyak tugas, maka sudah seharusnya anak diberikan sebuah bekal tanggung jawab agar ia mampu mengurus banyak hal secara sendiri. Setiap orang tua wajib menanamkan rasa tanggung jawab anak di dalam keluarga dan bukan hanya terus memenuhi tuntutan keinginannya setiap hari. Di bawah ini, ada beberapa hal penting yang bisa anda lakukan untuk melatih tanggung jawab anak dalam keluarga.

Memberikan waktu yang berkualitas kepada anak

Meskipun anda mempunyai banyak sekali aktivitas, namun jangan pernah lewatkan waktu yang berkualitas kepada anak. sayangi anak anda, curahkan mereka perhatian yang lebih, dan buat mereka nyaman bersama anda. Untuk membuat anak patuh dan memahami tanggung jawab dalam keluarga, pada dasarnya anda harus dekat dahulu dengan anak. Serta, kasih sayang bisa menjadi elemen utama yang membuat anak anda dekat.

Membangun komunikasi suami istri yang baik

Bagaimana mungkin anda mampu mendidik anak dengan baik sementara komunikasi anda dan pasangan buruk? Jagalah komunikasi dan tetaplah pada jalur komunikasi yang baik agar anda mampu melatih tanggung jawab anak dalam keluarga.

Memberikan contoh terlebih dahulu

Sebagai orang tua, sudah seharusnya anda memberikan contoh yang baik terlebih dahulu. Ketika orang tua menjadi pelopor hal baik di dalam rumah, maka anak akan dengan mudah mengikutinya. Anak bisa mendapatkan feedback yang bagus dan kemudian tertarik untuk menerapkan tanggung jawab di dalam rumah.

Kalau anak malas, jangan pernah takut untuk menghukumnya

Seorang anak yang mempunyai sifat malas dan tidak mengerti tanggung jawab dalam keluarga, akan kesulitan ketika ia sudah dewasa. Anak akan cenderung kaku dan bahkan tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan yang sudah seharusnya bisa ia kerjakan.

Jadi, jangan ragu untuk menghukum anak jika ia malas atau tidak menerapkan tugas-tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Itulah beberapa hal penting yang bisa anda lakukan dalam rangka melatih tanggung jawab anak dalam keluarga.

author