Cara Melebarkan Jalinan Persahabatan

No comment 500 views

Cara Melebarkan Jalinan Persahabatan

1.    Memecah kebisuan
Kita tentu pernah mengalami pengalaman bertemu orang-orang yang sama di stasiun setiap pagi: saling mengangguk, memberi senyum namun tidak saling berbicara. Coba cari cara memecahkan kebisuan itu dan saling mengenalkan diri. Duduklah bersama-sama di kereta dan berbincang-bincang mengenai hal-hal umum.

2.    Buat kelompok makan siang
Apakah semua orang makan di meja kerja masing-masing? Mengapa tidak mulai membuat kelompok makan siang di tempat kerja ? Tempelkan pengumuman di papan pengumuman umum, supaya rekan-rekan berbondong-bondong ikut. Buat acara makan siang tersebut jadi sesuatu yang menarik bagi diri kita pribadi dan teman-teman yang ikut.

3.    Cari teman baru
Mungkin kita orang baru di kota di mana kita sekarang berada dan belum mengenal banyak orang. Cobalah cari orang-orang yang juga baru datang di sana untuk bersama-sama menyusuri kota. Kita bisa menjadi sahabat mereka atau bersama mereka mencari teman-teman baru lain.

4.    Online
Jaringan hubungan sosial online semakin banyak. Fasilitas ini bisa menjadi media untuk profil kita dan untuk berbagi informasi dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat sama. Jejaring online merupakan wahana luar biasa bila kita ingin mencari teman-teman yang mau berbagi minat atau keinginan.

5.    Kenalan teman
Kita bisa minta kepada orang-orang yang kita kenal untuk memperkenalkan kita kepada kenalan-kenalan mereka. Kita harus terus memperluas lingkaran hubungan sosial, merangkai lingkaran-lingkaran persahabatan baru meskipun kelompok yang ada sudah terlalu besar dan berat.

6.    Tempat kerja
Banyak persahabatan terjadi di tempat kerja karena kita melewatkan banyak waktu bersama. Pekerjaan kita sama dan, dengan itu, menjadi topik saat berbincang-bincang.

7.    Telusuri teman-teman lama
Pernahkah kita bertanya-tanya apa yang terjadi pada teman-teman dekat saat di sekolah dulu? Fasilitas internet bisa membantu menemukan keberadaan mereka kembali. Tapi, jangan berharap bisa berkumpul kembali seperti dulu, walaupun bisa saja itu terjadi.

8.    Acara-acara jejaring
Dari kencan cepat hingga jamuan pagi bisnis, ada banyak event relasi organisasi yang bisa diikuti. Kita punya kesempatan untuk ikut acara-acara tersebut karena tugas kantor. Siapa tahu kita bisa bertemu seseorang dan bisa menjalin relasi.

9.    Ikut klub
Tempat olahraga atau klub-klub juga merupakan tempat kita bisa bertemu orang-orang baru. Tentu, yang akan kita temui di sana adalah orang yang mempunyai hobi olahraga yang sama.

10.    Bersikap terbuka
Orang juga akan melihat kita sebagai pribadi yang perlu dikenali lebih jauh. Luangkan waktu untuk mereka, siapa tahu kita dan mereka memiliki kesamaan tertentu.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author