Cara Melewati Rintangan

No comment 438 views

Cara Melewati Rintangan

1.    Pantang menyerah
Sesuatu yang sulit biasanya tidak mudah diraih. Kita perlu menyadari adanya hambatan yang pasti akan muncul dan karena itu, selalu bersiap untuk mencari solusi bagi setiap tantangan.

2.    Akui kesalahan
Jika ada masalah karena kekeliruan sendiri, kenali apa penyebabnya dan temukan jalan keluarnya. Kemudian, terus melangkah maju.

3.    Tantang ombak
Jangan hanya mengikuti arus. Bila orang lain menyerah dan hanyut terbawa arus, kita harus belajar melawan arus. Ingat, hanya ikan mati yang hanyut mengikuti arus.

4.    Siaga selalu
Sebagaimana halnya mengasuransikan rumah dan mobil, kita juga perlu melakukan perlindungan yang sama terhadap cita-cita. Usahakan agar kita selalu memiliki rencana kedua atau “plan B’” untuk berjaga-jaga.

5.    Memaafkan
Ada orang yang menyimpan dendam bertahun-tahun. Coba belajar untuk tidak menyimpan goresan luka seumur hidup. Kembangkan kemampuan untuk memaafkan dan berusahalah untuk melupakan kekeliruan atau kesalahan. Biarkan semua itu terhapus dari hidup kita.

6.    Putar arah
Kadang rintangan yang muncul terlalu besar untuk dihadapi. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengetahui ketika jalan yang kita tempuh mengalami kebuntuan dan pada saat itu, coba cari jalan alternatif. Jika yang diperjuangkan begitu berharga, di sana pasti ada jalan alternatif.

7.    Butuh waktu
Orang mengatakan, kita memerlukan waktu untuk beradaptasi terhadap setiap perubahan besar, atau tragedi selama kurang lebih 6 bulan. Bila kita terhimpit selama enam bulan oleh sesuatu yang mengerikan, berusahalah untuk tidak membuat keputusan yang tergesa-gesa.

8.    Melihat sisi positif
Kepribadian dan cara berpikir kita adalah akumulasi dari semua pengalaman hidup. Bahkan, pengalaman buruk sekali pun memberi kita nilai tersendiri, walaupun kita tidak ingin mengalaminya lagi.

9.    Selesaikan persoalan sedini mungkin
Ada banyak hal yang bisa kita kemukakan berkenaan dengan kesalahan-kesalahan atau kekeliruan saat kita masih muda. Salah satunya, kita masih memiliki banyak kesempatan untuk bangkit kembali. Sebaliknya, kesalahan-kesalahan yang terjadi di hari tua akan jauh lebih sulit karena kesempatan kita jadi terbatas.

10.    Tengok kiri-kanan
Kesempatan-kesempatan yang bisa kita ambil adalah dengan belajar dari orang-orang yang telah berhasil melewati tantangan yang sedang kita hadapi. Coba tengok kiri-kanan atau berselancar di internet untuk mendapatkannya.

Tolong “share” ke teman-teman yang lain agar mereka juga dapat memetik hikmah yang ada pada renungan di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, terimakasih.

( Sumber :  carahidupkita.blogspot.com )

author