Cara Memancing Anak Agar Ingin Belajar Membaca

Belajar merupakan serangkaian proses untuk mengenali hal-hal yang baru. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak hanya sebatas belajar akademik disekolah. Bagi sebagian anak, aktivitas belajar dianggap sebagai kegiatan sulit dan membosankan. Hal ini karena sempitnya pemahaman mengenai belajar, yaitu hanya sebatas pelajaran sekolah, dan juga disebabkan oleh latar belakang atau motivasi belajar.

Ada banyak sekali anak-anak yang belajar karena terpaksa, takut dimarahi guru maupun orang tua. Jika itu adalah motivasi belajar mereka, maka pantas saja jika belajar menjadi tidak menarik dan ilmu sulit diserap. Oleh karena itu, perlu cara membangkitkan motivasi belajar membaca dari dalam diri anak.

Cara memunculkan motivasi ini adalah dengan pancingan-pancingan. Salah satunya jika Bunda ingin memancing anak agar tertarik belajar membaca adalah dengan memamerkan buku-buku dongeng yang bergambar menarik dan membacakannya sedikit demi sedikit. Setiap saat tentu anak anak menanti kelanjutan cerita dari Bunda. Lama-kelamaan, anak tidak sabar untuk menunggu dan ingin dapat membacanya sendiri. Nah, inilah yang disebut motivasi dari dalam diri.

dongeng

Untuk memenuhi keinginan anak untuk belajar membaca, pertama-tama Bunda harus mempunyai cara untuk mengajari mengenali huruf-huruf. Cara mengenalkan huruf pada anak dapat dimulai dengan mainan huruf cetak, ataupun Bunda yang mengajarkannya satu per satu. Pembelajaran seperti inilah yang disebut pembelajaran konseptual dan bermakna, dimana anak mau belajar karena Ia tahu manfaat dari apa yang akan ia pelajari.

author