Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

No comment 741 views

Setiap bayi sangat wajib untuk dimandikan, sebab bila tidak dimandikan kotoran yang menempel pada kulitnya dapat menjadi bibit penyakit yang membahayakan. Selain itu, dengan memandikan bayi juga membuat bayi terbiasa dengan air, sehingga kedepannya bayi sudah terbiasa bila terkena air. Namun sayangnya sejumlah ibu muda merasa khawatir ketika hendak memandikan bayinya yang baru lahir, takutnya nanti si buah hati akan menangis.

memandikan bayi
Bayi menangis ketika dimandikan adalah suatu hal yang wajar, bahkan bisa dibilang sangat wajar. Hal tersebut dikarenakan bayi masih belum terbiasa dengan air, jadi ketika hendak memandikan anak sebaiknya jangan langsung membasuh semua tubuh bayi dengan air, melainkan secara perlahan mulai dengan menyipratkan air ke salah satu bagian tubuhnya.

Meski sudah banyak berkonsultasi ke dokter, nayatanya masih banyak juga ibu muda yang bisa dibilang salah dalam memandikan bayinya baru lahir. Hal tersebut karena pengalaman yang dimilikinya masih kurang, terlebih jika dirinya baru pertama kalinya memiliki anak atau momongan. Buat anda yang mengalami hal serupa, silakan simak tips memandikan bayi berikut ini.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan air hangat, bukan air panas. Air hangat ini nantinya akan digunakan untuk memandikan si bayi, kenapa harus menggunakan air hangat, itu dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif dan berbahaya bila dimandikan dengan air dingin.

Selain itu, ketika memandikan bayi sebaiknya gunakan sabun dan shampo khusus bayi. Sebab kandungan atau ph pada sabun dan shampo pada bayi tidak seperti sabun orang dewasa, dan pastinya tidak akan membahayakan si kecil. Selain itu, ketika menyabuni tubuh si bayi dan memakaikan shampo, sebaiknya hindarkan mata bayi dari busa agar matanya tidak perih.

Nah itulah cara memandikan bayi baru lahir yang benar, yang perlu diperhatikan ketika memandikan bayi sebaiknya sediakan juga handuk yang lembut untuk mengelap tubuh bayi setelah mandi. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu lama ketika memandikan bayi supaya tidak kedinginan.

author