Cara Memberi Susu Formula Pada Bayi

No comment 491 views

Susu formula merupakan sebuah nutrisi yang sangat ideal untuk seorang bayi. Kendati demikian, banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara memberi susu formula pada bayi. Berikut ini adalah panduan khusus untuk anda.

  1. Rebus air selama lima menit. Air yang direbus sangatlah ptning dalam rangka memberikan kebersihan atau kehigienisan secara sempurna. Setelah air tersebut matang, kemudian tuangkan ke dalam wadah atau botol khusus untuk bayi anda.
  2. Baca petunjuk pada wadah susu formula. Tergantung pada merek susu formula dan instruksi ahli gizi bayi Anda. Kendati demikian, sebagian besar susu formula akan menggunakan “2 ons air untuk 1 sendok susu formula”.
  3. Ukur setiap air di dalam botol susu bayi sesuai dengan jumlah susu formula yang ada. Ketika air yang ada di dalam susu terlalu banyak, maka susu bayi akan encer dan sangat tidak mengenakkan. Sedangkan, ketika susu bayi anda terlalu kental, maka bayi bisa mengalami muntah atau gumoh akibat rasa yang terlalu kuat.
  4. Pada tahap selanjutnya, anda diharuskan untuk menaruh botol di lemari es dalam waktu beberapa menit agar air yang panas tersebut kembali ke suhu normal.
  5. Kocok dengan lembut untuk mencampur bubuk dan air secara bersama-sama. Pastikan bahwa tidak ada gumpalan dalam campuran.
  6. Berikan susu formula kepada bayi secara perlahan dan jangan cenderung terburu-buru meskipun bayi anda memaksanya. Memberikan susu formula dengan terburu-buru akan membuat mereka tersedak bahkan mengalami gangguan pernapasan.
  7. Tegakkan bayi anda ketika menyusui untuk mencegah susu tumpah atau bayi mengalami muntah. Arah sistem pencernaan yang kurang baik dan tidak tepat membuat bayi akan sulit menelan susu yang ada.
  8. Untuk mencegah susu bayi anda terbuang secara percuma, jangan membuang susu yang tidak habis. Ada baiknya untuk menyimpan susu bayi yang tersisa di botol yang lain, kemudian taruhlah ke lemari es. Ketika anda ingin membuat susu kembali untuk bayi, maka campurkan susu yang tadi anda simpan di lemari es.

Itulah langkah-langkah yang harus anda terapkan dalam cara memberi susu formula pada bayi. Selamat mencoba.

author