Cara Membersihkan Mulut Bayi

No comment 963 views

Seringkali Anda tidak sadar bahwa kebersihan mulut bayi  juga perlu dijaga agar nantinya gigi geligi anak akan tumbuh menjadi bagus dan terbebas dari penyakit seperti jamur “Candida albicans”.

Apa ya penyakit jamur Candida albicans”? jamur menimbulkan bercak-bercak putih yang tidak dapat hilang dengan hanya dibersihkan dengan kain saja tetapi harus diberikan obat anti-jamur, jamur ini dapat tumbuh dikarenakan mulut bayi tidak pernah dibersihkan setelah minum susu.

Untuk itu, bagi Ibu-ibu harus memperhatikan hal ini, dan jika ibu ingin mengetahui cara membersihkan mulut bayi dapat melakukan cara di bawah ini;
Berikut cara membersihkan mulut bayi yang bisa Anda lakukan:

  1. Basahi kain kasa steril atau waslap dengan air matang hangat yang dicampuri sedikit garam(garam mempermudah mengangkat sisa-sisa susu yang menempel di mulut dan lidah bayi), lalu balutkan kasa pada jari telunjuk Anda. Untuk mempermudah Anda membersihkan mulut bayi Anda, letakkan bayi di pembaringan, mulailah membersihkan mulut dari bagian luar, yaitu bibir dan sekitarnya.
  2. Buka mulut bayi dengan bantuan jari tangan Anda, lalu masukkan jari telunjuk Anda dan gosok perlahan seluruh gusi bayi, setelah selesai, bersihkan kasa lalu lanjut dengan membersihkan lidah bayi, ingat lakukan secara perlahan-lahan dan lakukan mulai dari pangkal lidah (ingat, jangan terlalu ke belakang), lalu perlahan-lahan ke bagian depan.

Jika Anda tidak ingin menggunakan kasa untuk membersihkan mulut bayi, sekarang sudah ada sikat khusus yang dibuat khusu untuk bayi dan dapat dibeli di toko perlengkapan bayi.

author