Cara Membuat Makanan Bayi Sesuai Dengan Usia

No comment 858 views

Bayi memiliki volume perut yang kecil dan tidak terlalu kuat dibandingkan dengan orang dewasa. Itu sebabnya, pola makan yang dikonsumsi harus diatur sedemikian rupa agar tidak menimbulkan masalah kedepannya. Salah satunya adalah memastikan jumlah nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh bayi harus benar-benar terpenuhi untuk pertumbuhannya. Selain itu, faktor usia juga berperan penting disini untuk mengetahui jenis makanan apa yang layak diberikan.

Untuk yang terakhir ini, memang cara membuat makanan bayi sangat tergantung dari usia mereka. Sebut saja di usia 0 -6 bulan, bayi hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan cair seperti ASI. Kemudian, di usia selanjutnya yaitu 6 – 12 bulan, ibu boleh memberikan makanan lembut dan semi padat seperti pisang dan bubur. Setelah itu, di usia selanjutnya, si kecil bisa menerima makanan yang lebih bervariasi dibandingkan sebelumnya.

Cara Membuat Makanan Bayi Usia 6 Bulan

cara membuat makanan bayiUntuk membuat makanan bayi tidaklah membutuhkan banyak waktu dan dana yang besar karena bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Yang penting, jangan lupakan kebersihan baik dari alat hingga bahan yang digunakan mengingat kondisi perut si kecil masih sangat rentan dengan bakteri.

Berikut ini menu yang dapat disajikan bagi si kecil yang berusia 6 bulan untuk masa tumbuh kembangnya

# Alpukat : Bersihkan alpukat dari kulitnya kemudian potong-potong kecil. Kemudian, beri campuran air masak seperti ASI dan haluskan hingga lembut.

# Sayur : Haluskan sayuran hijau dan pastikan bebas dari kotoran atau pun busuk. Beri sedikit air masak atau ASI hingga lembut. Diamkan sejenak kemudian beri pada si kecil.

# Kaldu : Air kaldu bisa didapat dari rebusan daging ayam atau sapi sebagai bahan campuran untuk bubur atau sayur. Pastikan, untuk tidak menggunakan bahan penyedap dan tetap memperhatikan cita rasa.

Tidak sulit bukan? Meskipun pada awalnya si kecil kerap memuntahkannya kembali, namun seiring dengan waktu mereka akan terbiasa dengan makanan yang disajikan. Menu yang bervariasi juga merupakan bagian dari cara membuat makanan bayi yang sehat.

author