Cara Memilih Baby Sister

No comment 626 views

Saat bayi, anak membutuhkan banyak perhatian dan juga pendampingan dari orang dewasa disekitarnya, terutama dari Bunda. Akan tetapi, tidak dsapat dipungkiri di jaman emansipasi wanita ini banyak Bunda yang merupakan wanita karir. Akibatnya banyak bunda yang tidak dapat selalu ada di samping buah hati, dan menitipkannya kepada baby sister.

baby

Peranan Baby sister memang sangat membantu. Akan tetapi, Bunda harus berhati-hati dalam memilih baby sister salah-salah malah si Baby sister akan berbahaya bagia anak maupun keluarga. Hal ini dikarenakan menurut Parsons dalam Khairuddin (2002 : 78), Sosialisasi dalam keluarga menghasilkan basic personality structur, dimana pola orientasi nilai ditanamkan pada seseorang akan sulit diubah lagi sepanjang kehidupannya. Nah apa jadinya jika salah memilih baby sister, sedangkan Ia akan dianggap keluarga oleh anak dan merupakan orang terdekat dengan anak. Tentu akan berpengaruh pada psikologi anak yang kurang baik bukan?

Oleh karena itu, perlu cara memilih baby sister yang baik. Pertama-tama Bunda harus memilih penyedia baby sister yang aman dan terpercaya terlebih dahulu. Kalau ada lebih baik pula memilih baby sister yang sudah diberi pelatihan setidaknya mereka mengerti cara merawat bayi dengan benar. Untuk beberapa saat, diam-diam Bunda juga harus engawasi bagaiana baby sister tersebut bekerja, hingga Bunda merasa yakin. Yang terakhir, jika memungkinkan, jangan biarkanb Si Kecil hanya dirumah bersama baby sister, hal ini untuk mengurangi risiko kejahatan yang mungkin terjadi.

 

author